Membuat Kusen Kayu Jati Yang Berkualitas

By | April 4, 2018

Memiliki perabotan yang sesuai dengan fungsinya tentu menjadi sangat penting saat Anda memiliki rumah. Salah satu properti atau perabotan yang sangat dibutuhkan di dalam rumah adalah kursi. Kursi memiliki manfaat untuk menerima tamu. Tentu akan terkesan lebih sopan ketika Anda bertemu dengan tamu dan duduk di atas kursi. Akan tetapi tidak sedikit pula orang yang lebih suka duduk di lantai. Anda dapat menggunakan kusen kayu jati sebagai pelengkap ruang tamu Anda. Tentu Anda akan kerap menemukan kusen yang menggunakan berbagai macam jenis kayu dalam pembuatannya. Salah satu yang dapat Anda temukan adalah jenis kayu jati. Ada banyak alasan orang memilih jati sebagai bahan dasar kusen, salah satunya adalah bahannya yang cukup kuat.

Jenis Kayu Jati Untuk Membuat Kusen

Saat Anda akan memilih kusen kayu jati, maka sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu kayu jati yang biasa digunakan untuk membuat pintu dan kusen. Ada beberapa jenis kayu jati yang dapat Anda temukan. Jenis yang pertama adalah kayu jati dengan jenis kayu jati emas. Kayu jati yang satu ini memiliki masa panen yang cukup singkat yaitu berkisar antara 7 sampai 15 tahun. Kayu jati yang satu ini merupakan serta yang memiliki warna lebih pucat, pori-pori yang besar, memiliki gubal yang banyak, serta memiliki bentuk kayu yang lurus. Selain kayu jati emas, Anda juga akan menemukan kayu jati rakyat. Kayu jati yang satu ini memiliki umur panen yaitu 25 tahun. Karena usianya semakin tua, maka pori-porinya akan lebih kecil. Selain itu, kayu jati ini juga memiliki penampilan yang bercabang.

Jenis kayu jati yang ketiga adalah kayu jati penghuni. Jenis kayu jati yang satu ini merupakan jenis kayu jati unggulan yang ditanam serta dipelihara dengan lebih baik. Ini menyebabkan kualitas dari kayu jati jenis ini sangat terjamin, baik dilihat dari kandungan air di dalam kayu, pori-pori, bentuk kayu, dan lain sebagainya. Inilah yang menyebabkan mengapa jenis kayu jati yang satu ini memiliki harga yang lebih mahal. Demikian beberapa jenis kayu jati untuk membuat kusen kayu jati yang berkualitas.

Related posts: