Memberikan Vitamin Pada Burung

By | May 5, 2018

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara karena memiliki suara yang indah. Bahkan tidak sedikit turnamen kicau burung jenis lovebird dilaksanakan di beberapa tempat. Tidak sedikit burung lovebird yang mengalami drop atau melemah saat akan ditandingkan. Ini dapat disebabkan karena kurangnya asupan vitamin burung lovebird. Selain mengonsumsi makanan utama, burung lovebird juga membutuhkan pakan lain berupa vitamin burung. Vitamin ini dapat diperoleh secara alami dari makanan. Akan tetapi umumnya kadar vitamin dalam makanan terbatas sehingga membutuhkan suplemen tambahan. Anda dapat menemukan beberapa suplemen tambahan untuk burung jenis lovebird yang satu ini.

Manfaat Dari Memberikan Vitamin Pada Burung

Lalu, apakah Anda tahu secara jelas apa manfaat dari vitamin burung lovebird? Ya, tidak sedikit dari pemelihara burung tidak mengetahui hal yang satu ini. Secara umum, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan diperoleh jika Anda memberikan vitamin tambahan pada lovebird:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh burung

Pemberian vitamin secara berkala mampu meningkatkan daya tahan dari burung tersebut. Selain itu, juga dapat membantu sistem pencernaan burung. Dengan daya tahan tubuh yang lebih terjaga, maka burung Anda tidak mudah terserang penyakit. Beberapa orang lebih memilih untuk memberikan vitamin setelah burung sakit, padahal mencegah jauh lebih baik dibandingkan mengobati.

  • Mempercepat pertumbuhan

Vitamin dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan burung, baik burung muda maupun burung yang akan menjadi induk.

  • Membantu reproduksi

Vitamin yang diberikan pada burung dapat membantu burung untuk meningkatkan kesuburan serta membantu pertumbuhan sel reproduksi. Ini akan membuat burung betina siap untuk menjadi dewasa dan melakukan perkawinan.

  • Menyembuhkan burung

Untuk burung yang sedang sakit dan juga terluka, maka vitamin dapat membantu burung untuk sembuh.

  • Membantu meningkatkan kemampuan menetas dari telur burung yang nantinya dihasilkan oleh burung betina.

Demikian merupakan beberapa manfaat dari vitamin burung lovebird yang dapat Anda temukan. Vitamin antara burung yang satu dan yang lainnya tentu akan berbeda sehingga Anda harus mengetahui secara jelas apa yang dibutuhkan oleh burung peliharaan Anda.