Masalah Kesehatan Akibat Duduk Depan Komputer Terlalu Lama

By | February 6, 2018

Teknologi yang berkembang semakin canggih memang sangat membantu manusia dalam mengerjakan banyak hal. Mulai dari komunikasi, transportasi, hingga pekerjaan yang berhubungan dengan bisnis. Kecanggihan teknologi pada komputer dan gadget membuat benda tersebut menjadi salah satu alat bantu kerja yang wajib dimiliki oleh semua perkantoran. Alhasil, banyak pekerja yang hanya duduk seharian di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Masalah Kesehatan Karena Sering Duduk Lama Depan Komputer

Kebiasaan duduk lama di depan komputer ternyata akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Padahal, mayoritas pekerja saat ini bekerja dari pagi hingga sore dengan duduk diam di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal demikian tentu saja membuat tubuh jarang bergerak karena hanya duduk selama berjam-jam di depan komputer. Berikut ini beberapa masalah yang paling sering muncul akibat kebiasaan duduk terlalu lama di depan komputer.

  1. Masalah mata

Komputer yang menyala, memancarkan sinar radiasi yang akan membuat mata kita cepat lelah. Ketika menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama, kita sering merasakan mata merah, berair, dan perih. Hal tersebut terjadi akibat dari radiasi yang dipancarkan oleh cahaya dari layar komputer. Untuk mengatasinya, ada baiknya untuk menjauh sejenak dari komputer. Jika keadaan tersebut selalu diteruskan, maka mata minus atau silinder tidak akan dapat terhindarkan.

  1. Masalah tulang belakang

Duduk terlalu lama di depan komputer tentu saja akan membuat punggung pegal. Hal demikian sering membuat kita tak sadar bahwa posisi duduk kita salah, terlalu membungkuk, bengkok ke kiri, atau ke kanan. Jika posisi duduk yang salah terus saja kita lakukan, permasalahan tulang belakang bisa saja menimpa kita.

  1. Pusing

Ketika pekerjaan mengharuskan kita duduk di depan komputer terlalu lama, kadar pusing kita akan meningkat karena pekerjaan dan sinar yang dipancarkan layar. Pekerjaan yang rumit ternyata bukan satu-satunya hal yang bisa membuat kita sakit kepala. Fluorescent atau sinar yang keluar dari layar komputer juga bisa memicu munculnya sakit kepala dan permasalahan pada mata.