Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

By | August 6, 2017

tips kesehatanKencur adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan adanya zat-zat yang terkandung dalam kencur ternyata sangat banyak. Bahkan bagi beberapa orang kencur dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan. Nah untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai penyakit apa saja yang dapat diobati dengan kencur, sebaiknya Anda simak ulasan manfaat kencur bagi kesehatan dibawah ini.

Apa Saja Manfaat Kencur Bagi Kesehatan?

Kencur sendiri merupakan jenis tanaman herbal yang biasanya dijadikan sebagai bumbu pelengkap berbagai jenis masakan masyarakat Indonesia. Setiap kencur mengandung zat pati, mineral, kamphane, borneol, asam metal kanil, asam cinnamic, ethyl aster, paraeumarin, alkolid, gom dan sebagainya. Zat-zat tersebut menjadikan kencur dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Manfaat kencur sendiri adalah sebagai berikut. Pertama dapat mengobati masuk angin, cara mengonsumsinya cukup mudah yaitu setelah kencur dicuci bersih makanlah bersama garam lalu minum air hangat. Kedua sebagai obat batuk, caranya dengan memarut kencur yang telah dibersihkan lalu campurkan dengan air hangat. Setelah itu aduk hingga rata dan saring, tambahkan garam pada air hasil saringan. Kemudian minum air tersebut hingga habis. Ketiga dapat mengobati radang lambung, siapkan terlebih dahulu dua rimpang kencur yang telah dicuci bersih. Kupas lalu kunyah, setelah dikunyah telan airnya buang ampasnya. Keempat dapat mengobati keseleo, caranya sangat mudah yaitu cukup siapkan satu rimpang kencur yang telah dicuci bersih lalu rendam segenggam beras dan masukan kencur yang telah bersih ke dalamnya. Tumbuk hingga halus, kemudian balurkan pada bagian tubuh Anda yang mengalami keseleo. Manfaat kelima dapat menghilangkan rasa mulas pada perut, cara penggunaannya sama dengan cara mengonsumsi kencur untuk mengobati batuk.

Demikian ulasan singkat mengenai lima manfaat kencur bagi kesehatan. Manfaat pada ulasan diatas merupakan sebagian dari banyaknya khasiat kencur. Masih banyak manfaat lainnya yang bias Anda dapatkan dengan menggunakan kencur contohnya membantu mengatasi berbagai masalah kulit dalam hal kecantikan. Semoga ulasan diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Related posts: