Mandi Air Hangat? Atau Mandi Air Dingin?

By | June 18, 2017

tips kesehatanBanyak manfaat yang bisa di dapat dari kebiasaan mandi air hangat. Walaupun mandi air dingin lebih bagus, tetapi apabila diterapkan dengan benar, mandi air hangat dan mandi air dingin manfaatnya dapat diambil secara bersamaan bagi kesehatan tubuh. Karena tubuh juga memiliki siklus suhu yang berubah-ubah sesuai dengan kondisi udara, emosi, dan aktivitas sehari-hari tubuh itu sendiri. Dan untuk mengembalikan kondisi kepada metabolismenya dengan benar, tubuh memerlukan relaksasi yang bisa didapat dengan mandi air hangat. Sedangkan untuk kesegaran, air dingin dapat menghasilkan panas di dalam tubuh yang akan membuka peredaran darah sehingga metabolisme tubuh bekerja secara maksimal.

Berikut beberapa kutipan manfaat mandi air hangat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian yang dilansir oleh blog luar negeri, ternyata mandi air hangat dapat membakar timbunan kalori di dalam tubuh. Mereka menyatakan bahwa mandi air hangat dengan cara berendam dapat membakar hampir 130 kalori, ini sama saja dengan membakar kalori dengan cara berlari selam 30 menit. Mandi air hangat sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari menjelang tidur setelah beraktivitas seharian. Rasa hangat yang mengguyur tubuh memberikan efek meredakan rasa nyeri pada otot akibat rasa lelah yang dialami tubuh. Selain itu air hangat dapat melemaskan otot-otot yang tegang, membantu mengurangi kadar gula darah, mengurangi peradangan yang dialami tubuh ketika sedang sakit, dan dapat meredakan tingkat stres dan kecemasan pikiran.

Namun tubuh juga harus mendapatkan kesegaran di pagi hari yang diimbangi dengan mandi air dingin. Ya, mandi air dingin di pagi hari dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Panas tubuh yang dihasilkan dari mandi air dingin di pagi hari akan memacu organ-organ di dalam tubuh untuk bekerja mengalirkan darah dengan lancar, sehingga menghasilkan energi baru untuk memulai aktivitas kembali. Dengan membiasakan diri mandi air hangat di malam hari dan mandi air dingin di pagi hari akan membawa tubuh pada siklus alami metabolisme tubuh yang teratur dan menyehatkan tubuh.

Related posts: