Makanan Yang Dihindari Pengidap Asam Urat

By | April 28, 2017

tips kesehatanSebagian penyakit diidap dapat disebabkan oleh makanan, maka adakalanya perlu menghindari beberapa makanan yang akan memperburuk penyakit tersebut. Begitu pula dengan penyakit asam urat, beberapa makanan harus dihindari oleh Anda yang memiliki penyakit asam urat agar tidak kambuh. Penyakit ini disebabkan oleh uric acid atau yang biasa disebut asam urat yang dihasilkan tubuh ketika memecah purin, yang menumpuk di persendian. Nah, dibawah ini akan menjelaskan makanan apa saja yang harus dihindari oleh pengidap asam urat.

Makanan Yang Perlu Dihindari Pengidap Asam Urat

Bagi Anda pengidap asam urat terdapat makanan yang harus dihindari dan dibatasi. Dihindari maka tidak boleh dikonsumsi sedangkan dibatasi maka boleh mengonsumsi namun dalam batas tertentu. Makanan yang perlu dihindari antara lain jeroan; termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru; bebek; burung; kaldu daging; sosis atau produk daging lainnya; ikan sarden dan ikan makerel; makanan laut lainnya seperti kerang, udang, kepiting; ragi; minuman yang mengandung soda, dan alkohol. Makanan tersebut harus dihindari karena mengandung purin yang tinggi, kadar purin dalam 100 gram makanan tersebut berkisar antara 150-800 mgr. sehingga perlu dihindari. Sedangkan untuk makanan yang perlu Anda batasi karena mengandung kadar purin sedang yaitu daging dan ayam yang harus dibatasi hanya 50 gram/hari; Ikan seperti ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan bawal, ikan bandeng dibatasi hanya 50 gram/hari; beberapa jenis sayuran, seperti bayam, kangkung, asparagus, buncis, daun dan biji melinjo, kapri, kacang polong, dan kembang kol paling banyak 100 gram/hari; jamur juga dibatasi hanya 100 gram/hari; kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai dibatasi hanya 25 gram/hari; produk kacang kedelai, seperti tahu dan tempe juga dibatasi hanya 25 gram/hari.

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari dan dibatasi oleh pengidap asam urat. Mulai sekarang Anda mengetahui makanan yang harusnya tidak dikonsumsi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang memiliki khasiat untuk mengurangi asam urat Anda. Semoga bermanfaat.

Related posts: