Laser Retina: Diagnosa Kelainan Retina

By | September 25, 2017

pengobatan retinaMata yang menjadi salah satu bagian dari panca indera merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat rentan mengenai berbagai macam gangguan serta kelainan. Beberapa kelainan yang terjadi saat ini disebabkan karena faktor keturunan dan kecelakaan. Akan tetapi tidak sedikit pula kasus kelainan yang disebabkan karena gaya hidup atau pola hidup yang salah. Berbagai macam gaya hidup saat ini menyebabkan rusaknya beberapa bagian mata, salah satunya adalah dengan menggunakan PC, ponsel, serta menonton TV dengan durasi yang sangat lama. Kebiasaan membaca di tempat gelap, membaca dengan jarak yang terlalu dekat, serta membaca dengan posisi tiduran juga menjadi salah satu pemicu terjadinya gangguan pada mata. Hal ini pun membuat semakin banyaknya pengembangan dalam bidang pengobatan mata. Salah satunya adalah dengan adanya pengobatan dengan menggunakan laser retina.

Diagnosa Kelainan Retina Sebelum Melakukan Laser Retina

Retina yang menjadi salah satu bagian penting dalam mata ternyata menjadi salah satu bagian yang sangat rentan terjadinya kelainan atau gangguan. Salah satunya yang kerap terjadi adalah dengan robeknya bagian retina. Robeknya bagian retina terebut dapat menimbulkan berbagai macam masalah baru sehingga harus segera dilakukan pengobatan. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan laser retina. Sebelum Anda melakukan pengobatan mata, tentu seorang dokter akan melakukan diagnosa terhadap mata. Seorang dokter harus mengetahui terlebih dahulu bagian mata mana yang mengalami masalah. Ada beberapa metode diagnosa yang dapat dilakukan. Metode yang pertama adalah OCT. Optical Coherence Tomography atau OCT merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menampilkan gambaran dari retina. Metode yang satu ini dapat digunakan untuk mengamati adanya lubang makula serta terjadinya degenerasi makula.

Metode yang selanjutnya adalah dengan menggunakan CT scan. Metode yang satu ini dapat digunakan untuk mendeteksi adanya tumor serta cedera pada mata. Metode yang ketiga adalah tes amsler grid. Metode yang satu ini digunakan untuk melakukan diagnosa pada ketajaman dari pandang pusat mata. Demikian beberapa metode yang dilakukan untuk mendiagnosa adanya kelainan pada retina mata sebelum Anda melakukan operasi laser retina.

Related posts: