Langkah Dan Doa Mandi Wajib Haid

By | November 3, 2017

doa mandi wajibDalam Islam, wanita memiliki beberapa ciri khas yang tidak dimiliki oleh seorang pria, salah satunya adalah masa haid. Haid atau secara ilmiah disebut dengan menstruasi merupakan suatu fase dimana sel telur dalam rahim seorang wanita meluruh karena tidak dibuahi. Sel telur tersebut melebur bersama dengan darah. Ketika seorang wanita selesai pada masa haid, maka dia diwajibkan untuk mandi wajib. Mandi wajib sendiri ada beberapa jenis, seperti mandi wajib haid, nifas, berhubungan, dan lain sebagainya. Setiap mandi wajib tentu memiliki doanya sendiri-sendiri. Doa mandi wajib haid menjadi salah satu rutinitas bagi wanita muslim yang terjadi dalam waktu 1 bulan sekali. Mandi wajib dilakukan ketika seorang wanita telah selesai dalam masa haid. Ketika seorang wanita sedang berada dalam masa haid, maka wanita tersebut tidak diperbolehkan untuk sholat dan berpuasa. Wanita yang berhutang puasa karena haid, maka dia wajib menggantinya di lain waktu.

Bagaimana Langkah Dan Doa Mandi Wajib Haid?

Mandi wajib haid bagi seorang wanita hukumnya adalah wajib, sedangkan apabila tidak segera dilaksanakan maka haram bagi wanita tersebut melaksanakan ibadah sholat, puasa, serta beberapa ibadah lainnya. Oleh karena itu, melaksanakan mandi wajib haid dengan baik dan benar disertai dengan doa mandi wajib haid sangat penting bagi Anda seorang wanita. Adapun langkah pertama dalam mandi wajib haid adalah dengan membaca basmallah. Membaca basmallah menjadi salah satu bacaan yang selalu dilantunkan ketika mengawali sebuah doa atau kegiatan karena Allah SWT. Selain membaca basmallah, ketika basuhan pertama juga membaca doa niat. Langkah yang kedua adalah dengan membasuh bagian telapak tangan hingga menuju pergelangan tangan. Membasuh tangan tersebut dilakukan pada kedua tangan masing-masing sebanyak 3 kali.

Langkah yang ketiga adalah dengan membersihkan bagian kemaluan. Bersihkanlah bagian kemaluan Anda dari berbagi najis yang menempel. Langkah yang keempat adalah dengan berwudhu layaknya ketika Anda melakukan wudhu ketika akan sholat. Langkah yang kelima adalah dengan membasuh bagian tubuh. Seluruh bagian tubuh harus dibasuh dengan menggunakan air. Jika mandi wajib haid telah selesai, maka Anda dapat mengeringkan tubuh Anda dengan menggunakan handuk. Demikian beberapa langkah dan doa mandi wajib haid yang dapat Anda pelajari.

Related posts: