Keunggulan Kolam Terpal Untuk Budidaya Lele

By | December 13, 2017

Budidaya Ikan Lele

Warung makan yang menyediakan ikan lele yang sudah diolah menjadi makanan lezat semakin bermunculan dimana-mana bak jamur di musim hujan. Ikan air tawar yang memiliki nama ilmiah Clarias ini menjadi salah satu ikan terfavorit masyarakat Indonesia karena kelembutan dagingnya. Oleh sebab itu, budidaya ikan lele semakin digiati para petani. Saat ini, banyak petani yang beralih dari kolam tanah buatan ke budidaya ikan lele di kolam terpal. Kenapa demikian? Baca selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Dan Bahan Untuk Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Jika Anda bertanya-tanya kenapa budidaya ikan lele di kolam terpal berhasil merebut posisi kolam tanah biasa, jawabannya adalah karena keunggulannya. Tentu saja hal ini dilatarbelakangi oleh suatu faktor. Beberapa keunggulan kolam terpal antara lain:

  • Anda tidak perlu mempunya lahan luas untuk membuat kolam  sederhana dari terpal.
  • Kolam terpal sangat mudah diubah ukurannya mengikuti selera Anda, bisa lebih kecil atau lebih besar.
  • Kondisi tanah yang sudah terkontaminasi oleh zat kimia tidak mendukung untuk dijadikan kolam lele, oleh sebab itu kolam terpal adalah pilihan tepat karena Anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi tanah.
  • Kolam terpal untuk budidaya ikan lele hanya membutuhkan alat dan bahan yang sederhana dengan harga yang terjangkau untuk para petani. Selain itu, kolam terpal juga mudah dibuat.
  • Anda juga dapat dengan mudah mengontrol dan memantau perkembangan ikan lele dari kolam terpal. Di samping itu, mendeteksi dan mengamati kemungkinan hadirnya hama penyakit dapat dengan mudah dilakukan dengan kolam terpal.

Mengenai alat dan bahan yang Anda perlukan untuk budidaya ikan lele di kolam terpal sangat sederhana antara lain; terpal sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, bahan pembentuk kerangka kolam (bambu, kayu, atau besi), paku dan tali untuk menggabungkan kerangka kolam. Jika Anda menggunakan kayu atau bambu, alat lain yang diperlukan adalah gergaji dan palu untuk memudahkan pengerjaan. Jangan lupa siapkan alat pembuat saluran dan pembuangan air seperti pipa paralon ukuran 2, pipa sambung yang berbentuk siku, dan karet ban untuk mengikat terpal dan pipa supaya tidak bocor. Itu saja yang dapat kami sampaikan, terima kasih.