Kenali Dan Cara Mengobati Jamur Kuku

By | June 19, 2017

cara mengobati jamur kukuJamur kuku memiliki nama ilmiah dermatitis, merupakan jamur yang mudah berkembang biak pada kuku kaki. Adanya jamur kaki menyebabkan kuku menjadi berwarna kuning, sangat rapuh, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Banyak orang yang mengalaminya, namun tidak tahu bagaimana cara mengobati jamur kuku. Oleh karena itu, artikel ini akan membantu Anda semua dalam mengatasi jamur kuku yang membandel. Sebelum membahas cara pengobatannya, sebelumnya Anda harus tahu apa saja penyebab timbulnya jamur ini pada kuku kaki. Jamur kuku sangat mudah menyerang kuku yang mengalami kerusakan, kaki berada dalam keadaan lembab, memakai kaos kaki dan sepatu yang tidak bersih dan terasa panas sehingga berkeringat, serta menggunakan kosmetik kuku secara berlebihan. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, maka jamur kuku akan dengan mudahnya tumbuh dan bersarang pada kuku kaki sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan kuku berwarna kuning dan bahkan dapat menyebabkan kuku terkelupas.

Cara Mengobati Jamur Kuku Dengan Melakukan Kebiasaan Sederhana

Setelah mengetahui penyebab munculnya jamur pada kuku, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengobati jamur kuku yang terlanjur berkembang biak di kuku kaki Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi jamur kuku yang membandel:

  1. Selalu menjaga kebersihan kuku dari berbagai macam kotoran, terutama yang menempel pada sela-sela kuku.
  2. Rajin menggunting kuku minimal satu kali dalam seminggu sehingga kuku tetap bersih dan tidak menjadi sarang bakteri atau jamur.
  3. Perhatikan kebersihan kaos kaki dan gunakanlah sepatu yang memiliki ruang sirkulasi udara sehingga kaki tidak kepanasan, lembab, dan berkeringat. Kaki yang berkeringat sangat rentan menjadi tempat tumbuhnya jamur serta mengakibatkan bau kaki tidak sedap.
  4. Hindari penggunaan kosmetik atau aksesoris kuku secara berlebihan, seperti cat kuku atau menggunakan kuku palsu.
  5. Selalu membersihkan kaki dengan air bersih setelah selesai beraktivitas.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengobati jamur kuku yang bisa Anda lakukan. 5 kebiasaan di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika kuku Anda sudah terlanjur berjamur, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter atau bisa juga melakukan pengobatan sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti garam, cuka, bawang putih, dll.

Related posts: