Kelebihan Budidaya Cabe Rawit Menggunakan Polybag

By | September 27, 2017

budidaya cabeCabe atau dengan nama latin Capsicum frutescens dihasilkan dari tanaman cabe. Cabe banyak disuka orang karena rasanya yang pedas. Banyak makanan yang kurang nikmat jika penyajiannya tidak menggunakan sambel. Bakso, mie ayam, sate dan siomay akan lengkap rasanya jika dihidangkan menggunakan sambal, terutama jika sambal asli dari cabe yang masih segar. Usaha budidaya tanaman cabe sangat menjanjikan. Untuk membangun budidaya tanaman cabe, Anda membutuhkan tempat yang ideal, salah satunya adalah lahan yang luas. Sedangkan lahan yang luas di perkotaan semakin sulit untuk dijumpai. Oleh karena itu budidaya cabe rawit dapat dengan menggunakan polybag.

Budidaya Cabe Rawit Menggunakan Polybag

Budidaya cabe rawit menggunakan polybag mempunyai sejumlah keuntungan antara lain memudahkan perawatan tanaman cabe, lebih hemat dalam biaya, pengontrolan yang lebih jelas pada tiap tanaman, nutrisi yang diberikan maksimal karena dapat langsung diserap akar, karena dalam satu polybag terdapat satu tanaman cabe. Kemudian dapat digunakan untuk tanaman hias atau tanaman obat yang ditempatkan di pekarangan rumah. Kemudian dapat dibudidayakan kapan saja Anda inginkan tanpa mengenal musim, tanaman yang ditanam di polybag juga lebih aman dari banjir dan juga hama penyakit, dapat diberikan bahan organik atau pupuk kandang sesuai dengan takaran yang sesuai, Anda juga dapat dengan mudah mengatur komposisi media tanam, Anda dapat menghemat ruang dan tempat penanaman serta produktivitas pada penanaman cabe menggunakan polybag lebih banyak dari pada penanaman di lahan.

Selain memiliki keuntungan, budidaya tanaman cabe di polybag juga mempunyai sejumlah kekurangan, antara lain polybag mempunyai masa pemakaian 2-3 tahun. kemudian jika menggunakan polybag Anda harus merawat tanaman secara intensif, biaya tanam awal menggunakan polybag tergolong mahal, instalasi air juga harus sepanjang waktu. Penanam di polybag banyak dilakukan pada sebagian tanaman hortikultura yang mempunyai umur pendek seperti cabe rawit dan cabe besar. Hal ini juga merupakan solusi untuk Anda yang menginginkan konsumsi cabe segar di rumah. Demikian penjelasan singkat mengenai budidaya cabe rawit, semoga bermanfaat.

Related posts: