Karakteristik Kayu Jati untuk Mebel

By | May 22, 2018

Kualitas mebel jati memang terbukti tak perlu diragukan lagi. Mebel yang menggunakan kayu jati sebagai bahan utamanya terbukti lebih awet dari pada yang dibuat dari jenis kayu lainnya. Mebel dari kayu jati paling banyak diproduksi dari Kota Ukir Jepara. Mebel asal Jepara ini merupakan mebel terbaik di Indonesia bahkan dunia.

Mengenal Kayu Jati

Mengetahui kualitas kayu jati untuk membuat mebel memang bukan hal yang baru lagi. Namun, apakah Anda dapat mengenali bagaimana ciri – ciri kayu jati untuk membuat mebel yang bagus ? Berikut ini merupakan penjelasan tentang ciri – ciri kayu jati untuk membuat berbagai produk mebel.

  1. Karakter utama kayu jati yaitu memiliki lapisan minyak pada galih kayu. Minyak ini tahan terhadap air. Minyak ini kana membuat lapisan kayu jati terlihat mengkilap dan bersinar. Warna kayu jati memiliki ketahanan yang sangat bagus dan tahan lama. Warna yang ditampilkan mebel jati tidak akan mudah kusam.
  2. Kayu jati memiliki warna coklat kemerahan. Warna ini akan berubah menjadi coklat muda ketika terkena sinar matahari. Unik sekali bukan ?
  3. Memiliki zat anti bakteri dan rayap. Rayap akan membuat kayu menjadi lebih mudah lapuk. Kayu jati memiliki zat alami anti rayap yang membuat kayu ini tetap kokoh walaupun dalam jangka waktu yang lama.
  4. Perawatannya mudah, memiliki mebel dari kayu jati lebih mudah dirawat. Warna kayu yang mengkilap membuatnya mudah saat dibersihkan. Hanya perlu dilap dengan kain setengah basah, maka warna kayu akan bersinar kembali.
  5. Pengerjaan furnitur dari kayu jati lebih mudah dilakukan, hal ini disebabkan karena kayu jati memiliki serat kayu yang tebal. Ukiran – ukiran pun dapat dibuat dengan bagus.
  6. Kayu jati tidak mudah berubah bentuk, hal ini disebabkan kayu jati memiliki ketahanan yang kuat terhadap benturan.

Itulah karakteristik kayu jati untuk membuat mebel. Inilah alasannya mengapa mebel jati memiliki kualitas yang lebih baik daripada mebel dari bahan kayu lainnya.