Kandungan Surat Arrahman

By | September 18, 2017

Surat ArrahmanSurat Arrahman merupakan salah satu jenis surat yang terdapat dalam Alqur’an yang memiliki kandungan yang sangat luar biasa. Surat tersebut turun di Makkah oleh karena itu maka surat tersebut sering disebut sebagai surat Makkiyah. Surat ini menunjukkan bukti kebesaran Allah disertai dengan ciptaan yang sangat mustahil bisa diciptakan oleh manusia sebagai makhluk-Nya. Hal  tersebut memang sudah banyak dikenal oleh kaum muslimin sehingga banyak kaum muslimin yang membaca surat tersebut baik itu waktunya sebelum sholat maupun setelah sholat. Kandungan yang terkandung dalam surat tersebut juga sangat banyak sehingga dapat Anda jadikan sebagai pelajaran yang sangat berharga yang tak dapat Anda temui di beberapa kitab manapun kecuali Alqur’an.

Apa Saja Kandungan Surat Arrahman?

Dalam surat tersebut banyak kandungan yang terdapat di dalamnya, di antaranya adalah kandungan keimanan, hukum-hukum, serta lain-lainnya. Dengan kandungan yang terdapat dalam surat tersebut tentunya memang dapat Anda jadikan sebagai patokan dalam melakukan berbagai hal apapun sehingga nanti ke depannya hidup Anda akan menjadi terarah serta juga memiliki beberapa keunggulan dalam hal kebaikan. Kebaikan sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap ciptaan Allah yang tergambar dalam Surat Arrahman. Dengan kandungan tersebutlah nantinya juga dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam menanggapi berbagai hal apapun yang ada.

Kandungan yang pertama yang terdapat dalam surat tersebut adalah kandungan keimanan. Seperti yang telah dijelaskan dalam Alqur’an bahwa manusia, jin, dan makhluk seisinya diciptakan memang untuk beribadah kepada Allah. Ibadah sendiri merupakan sebagai salah satu bentuk implementasi dari keimanan karena dengan beribadah maka keimanan akan bisa dipegang dengan baik. Ibadah tentunya memiliki berbagai macam baik itu ibadah kepada Allah secara langsung maupun ibadah kepada sesama manusia. Hal tersebutlah yang nantinya dapat meningkatkan kualitas keimanan secara baik. Hal atau kandungan yang kedua adalah terkait dengan hukum-hukum yang ada. Dengan menggunakan hukum Alqur’an sebagai hukum tertinggi maka hal tersebut juga akan berdampak positif bagi setiap orang yang ingin menyelesaikan masalah secara hukum dan bertindak adil sesuai dalam Surat Arrahman.

Related posts: