Kalender Jawa Mitos Di Bulan Ruwah

By | September 8, 2017

kalender jawaIndonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam kebudayaan yang tentunya akan menarik untuk diulas. Tidak hanya dalam segi budayanya saja tetapi mitosnya juga tidak kalah menarik untuk diperbincangkan. Mitos yang banyak diulas terutama dalam kalender Jawa yang mana di dalamnya terdapat hal mistis adalah bulan suro dan ruwah. Selain bulan suro, bulan ruwah pun menjadi bulan yang tidak kalah menarik untuk diperbincangkan. Banyak budaya yang terbentuk dalam ritual Jawa seperti adat Jawa ruwahan, apeman, bersih makam, kepungan.

Kalender Jawa Permudah Mengetahui Bulan Ruwah

Anda dapat melihat bulan ruwah atau bulan yang lain di kalender Jawa. Bulan ruwah merupakan suatu bulan dimana terdapat kebudayaan yang hingga saat ini menjadi budaya yang tetap dilestarikan di tengah lingkungan masyarakat yang semakin modern. Bulan ruwah yang bersamaan dengan bulan dalam penanggalan Islam yaitu Sya’ban terdapat beberapa kebudayaan seperti bersih makan dan nyadran. Bersih makan yang dilakukan beberapa orang tersebut menjadi kebiasaan yang membawa keuntungan bagi penjual bunga. Makan akan banyak dikunjungi dan banyak yang membersihkan makam, ada pula yang dibarengi dengan acara nyadran. Nyadran menjadi tradisi yang sangat mengeratkan persaudaraan antar warga karena di dalamnya masing-masing warga membawa besekan yang berisi nasi dan lauk yang nantinya akan dibagikan kembali secara randem. Selain itu, di dalamnya terdapat pengajian yang dipimpin oleh Kyai, makan bersama yang dihidangkan di dalam kirim serta makanan ringan yang dibungkus.

Bulan ruwah menjadi bulan yang penuh dengan rezeki, dan keberkahan. Kebudayaan Jawa yang ada di bulan ruwah ini banyak yang melestarikan budaya apeman. Apeman ini diadakan untuk saling berbagi rezeki antar tetangga dengan wujud berbagi apem yang di kasihkan door to door. Beberapa apem dan ketan yang ditanak dibagikan ke rumah-rumah. Dengan adanya kalender Jawa yang mana saat ini dapat Anda miliki di smartphone Anda. Sehingga Anda tidak perlu melihat kalender yang tertempel di dinding. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: