Jangan Remehkan Pusing Guys

By | February 4, 2018

Pada saat kehamilan muda, morning sickness berupa pusing dan mual menjadi hal yang biasa dirasakan. Namun, jika frekuensi yang dirasakan melebihi batas normal, Anda perlu curiga. Jika terlambat ditangani, gejala tersebut bisa mengancam keselamatan anak dan juga Anda sendiri.

Pusing dan Mual bisa menjadi tanda bahaya

Jadi, jangan abaikan gejala pusing dan mual. Terlebih jika Anda baru merasakan hamil, jangan segan-segan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan. Sebab, gejala-gela ini jika terus berlanjut dapat mengancam keselamatan Anda dan janin, bahkan keguguran.

Beberapa di antaranya adalah bahaya yang diakibatkan oleh rasa pusing dan juga mual yang dirasakan berlebihan:

  • Keguguran

Ketika pusing melanda disertai rasa mual berlebih, jangan mengabaikan kedua gejala tersebut. Ditambah dengan adanya bercak darah atau pendarahan yang semakin membuat Anda lemas dan berat. Bisa jadi Anda mengalami keguguran.

  • Hiperemesis gravidarum

Jangan sepelekan rasa pusing atau mual yang disertai dengan lemas. Bisa jadi hal tersebut adalah gejala ibu hamil mengidap hiperemesis gravidarum. Kondisi ini bisa ditandai pula dengan demam berlebihan dan rasa sakit di bawah tulang rusuk. Jika dibiarkan, keselamatan bayi dan ibu bisa terancam. Indikasi ini membutuhkan perawatan khusus dari dokter secepatnya.

  • Kehamilan ektopik

Mual dan pusing diselingi dengan demam yang naik dan turun bisa menjadi tanda sebuah kehamilan ektopik. Jika Anda mengalami rasa mual yang tidak berhenti bersamaan rasa pusing, maka segeralah memeriksakan diri pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Infeksi

Infeksi bisa saja menyerang ibu hamil, ditandai dengan rasa pusing, lelah dan mual yang tidak kunjung berhenti. Segeralah memeriksakan diri agar mendapat penanganan langsung, sebab bisa saja Anda mengalami infeksi akibat bakteri atau virus yang masuk pada tubuh.

Gejala-gejala di atas bisa berujung pada keguguran bahkan kematian ibu dan anak. Jadi, saat merasakan gejala-gejala pusing, mual dan lemas secara berlebihan sebaiknya langsung memeriksakan diri. Hal ini untuk menghindari dan mengetahui kondisi sesungguhnya ibu hamil.

Pusing dan mual bisa menjadi indikasi adanya kelainan atau bahaya pada kehamilan. Saat merasa hal tersebut berlebihan, jangan segan untuk memeriksakan diri. Jangan mengabaikan hal tersebut.