Jangan Remehkan Penyakit TBC

By | February 24, 2018

Pernahkah Anda mendengar penyakit TBC? Atau mungkin Anda memiliki sanak saudara atau teman yang menderita penyakit TBC? Jika tidak, Anda wajib tahu apa itu penyakit TBC. Penyakit TBC atau tuberculosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru. Mengerikan bukan? Anda bayangkan, organ tubuh yang digunakan untuk bernafas memiliki gangguan fungsi. Indonesia adalah negara dengan pasien TBC nomor tiga di dunia. Jadi, bisa disimpulkan penyakit ini sudah banyak diderita masyarakat.

Penyebab Penyakit TBC

Penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculose. Bakteri ini mampu hidup pada suhu lembab dan asam serta dapat bertahan hidup hingga berminggu-minggu di lingkungan. Sumber penularan bakteri ini adalah dari seseorang yang terdiagnosa positif menderita penyakit TBC. Bakteri ini ditularkan melalui udara. Jika Anda berada dalam lingkungan yang terkontaminasi dahak penderita, kemungkinan udara sudah mengandung bakteri penyebab TBC.

Apa Sih Tanda Dan Gejala TBC?

Tanda dan gejala dari penyakit TBC adalah sebagai berikut:

  • Batuk berdahak secara terus menerus hingga lebih dari waktu 4 minggu
  • Batuk dengan mengeluarkan darah serta beberapa kali mengeluarkan darah
  • Dada menjadi sakit atau nyeri dan sesak ketika sedang bernafas
  • Berkeringat di malam hari walau pun tidak sedang melakukan kegiatan
  • Suhu badan tinggi
  • Nafsu makan hilang dan berat badan menurun

Jika Anda mengalami gejala-gejala diatas, segera periksakan ke dokter karena terdapat kemungkinan Anda menderita TBC. Perlu Anda ketahui TBC bukanlah penyakit yang ringan. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Selain itu, Anda akan menularkan kepada orang-orang terdekat Anda, sehingga persebaran penyakit ini akan bertambah. Untuk pengobatan dari penyakit TBC sendiri dilakukan selama 6 bulan. Jadi, penderita wajib mengonsumsi obat selama 6 bulan terus-menerus tanpa jeda. Jika terlewati satu hari saja, pengobatan harus diulang dari awal. Oleh karena itu, Anda jangan remehkan gejala-gejala diatas. Pengobatan secara cepat dan tepat dapat menolong Anda jika terinfeksi bakteri Mycobacterium tuberculose.