Jangan Anggap Sepele Pancaroba

By | January 20, 2018

Cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu faktor terkuat badan kita terserang penyakit. Di Indonesia sendiri terkadang ada masa-masa cuaca yang tidak pasti. Saat musim panas terkadang turun hujan lebat yang mengakibatkan badan kita harus menyesuaikan kembali dengan suhu yang dihasilkan, musim ini biasa disebut dengan musim pancaroba. Kita harus berhati-hati menghadapi situasi yang seperti ini, karena badan kita akan mudah terkena penyakit.

Hal semacam harus kita tangani dengan cara menjaga kesehatan dengan baik agar tidak terjadi munculnya penyakit. Memang tidak berbeda jauh cara menjaga kesehatan di musim pancaroba dengan menjaga kesehatan sehari-hari, akan tetapi ada sedikit perhatian khusus jika pada musim ini. Agar penyakit seperti flu maupun diare dapat dihindari. Karena 2 penyakit ini yang sering menyerang tubuh kita di musim pancaroba.

Tubuhmu Adalah Kehidupanmu

Berikut beberapa tips jika kita tidak mau terserang penyakit pada cuaca yang cenderung tidak menentu. Jangan sepelekan cuaca yang seperti ini, contoh jika di siang hari matahari sedang panas-panasnya lalu tiba-tiba hujan, memang enak terasa dingin tetapi cuaca yang seperti itulah yang berbahaya.

Pertama adalah sudah pasti konsumsi makanan jangan sembarangan. Carilah asupan yang bergizi untuk dimakan sehari-hari. Hindari makanan yang mengandung minyak terlalu banyak karena minyak mengandung lemak jenuh yang kurang baik. Jangan lupakan makan buah agar vitamin di tubuh tetap terjaga.

Kedua yaitu sempatkan berolahraga paling tidak 3 kali selama satu minggu. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat seperti main futsal atau badminton, tetapi bisa dengan cara jogging di pagi atau sore hari. Minimal lakukan selama 30 menit dan tetap dijaga stamina tidak boleh terlalu terkuras habis. Dengan olahraga, aliran darah di tubuh kita akan semakin lancar dan tubuh kita tetap hangat.

Ketiga, beristirahatlah dengan cukup. Hal ini memang paling mendasar dalam menjaga kesehatan tubuh kita, tetapi usahakanlah untuk memanfaatkan jam malam untuk beristirahat. Kalau Anda bekerja dari pagi sampai sore, saat malam hari jangan Anda manfaatkan untuk nongkrong. Lebih baik gunakan jam malam Anda untuk istirahat di rumah dan tidur juga jangan terlalu malam.