Intip Cara Pembuatan Medali Akrilik

By | May 18, 2018

Membuat medali tentu diperlukan keahlian khusus. Layaknya membuat banner, seseorang harus mendatangi percetakan. Begitu juga dengan pembuatan medali. Bagi Anda yang berniat membuat medali, tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali jasa-jasa pembuatan dan percetakan medali.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat medali ada beberapa macam. Salah satunya adalah bahan akrilik. Bikin medali bahan akrilik dapat dikatakan cukup mudah dibandingkan dengan membuat medali dengan bahan emas, perak maupun perunggu. Hal ini disebabkan harga emas yang relatif mahal sehingga pengrajin harus sangat berhati-hati ketika membuat medali.

Cara Membuat Medali Akrilik

Medali akrilik adalah medali dengan bahan yang terbuat dari bahan sintetis menyerupai kaca. Medali akrilik ini lebih banyak digunakan sebagai medali kelulusan siswa PAUD, TK ataupun Playgroup. Teksturnya yang ringan dan aman cocok digunakan anak-anak.

Bikin medali akrilik bisa Anda pesan secara online maupun offline. Walaupun kita tidak bisa membuat medali sendiri, namun tidak salah jika kita juga mengetahui bagaimana cara pembuatan medali. Tahapan pembuatan medali akrilik yaitu:

  1. Sebelum membuat, siapkan logo ataupun desain terlebih dahulu. Para pengrajin biasanya merapikan kembali desain yang diberikan oleh pemesan karena terkadang kurang rapi.
  2. Mengatur tata letak desain agar penggunaan bahan efisien. Setelah itu tentukan panjang dan lebar akrilik yang akan digunakan.
  3. Setelah ditentukan ukuran, tentukan juga jarang untuk pemotongan setiap medali. Jangan sampai pemotongan satu medali menabrak atau merusak medali yang lain.
  4. Kemudian cetak medali dengan cara digital print di stiker transparan atau bisa juga digital print di bahan ID card sesuai dengan pesanan. Tentukan juga lubang pemotongan untuk tali medali.
  5. Press dengan mesin laminasi.
  6. Tempel bagian belakang dengan double tape dan pastikan tempelannya rata dan rapat.
  7. Siapkan akrilik kemudian lepas kertas anti gores pada satu muka. Tempelkan bahan yang sudah diberi double tape.
  8. Langkah terakhir bikin medali adalah pemotongan akrilik menggunakan gergaji dan pemasangan tali medali.

 

Related posts: