Flek Hitam pada Wajah

By | April 1, 2018

Flek hitam yang timbul pada wajah akan menurunkan kepercayaan diri pada wanita dan tingkat kecantikan pada wanita. Flek hitam adalah noda atau bercak kehitaman yang terdapat di sekitar wajah akibat pigmentasi kulit secara berlebihan. Flek hitam atau hiperpigmentasi yang muncul apabila sel kulit memproduksi banyak melanin yang berkumpul di permukaan kulit, dan menimbulkan warna yang lebih gelap dan tidak merata. Melanin adalah pigmen warna yang memberi warna pada kulit, semakin gelap warna kulit maka semakin rentan terhadap hiperpigmentasi. Faktor-faktor penyebab flek hitam pada wajah adalah:

  1. Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah yang akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih melanin, dan akan mengakibatkan munculnya flek hitam pada wajah.
  2. Hormonal dalam tubuh yang tidak seimbang terjadi pada wanita hamil, atau haid. Akan berakibat pada munculnya flek hitam pada wajah.
  3. Penanganan jerawat yang salah akan berakibat pada munculnya flek hitam, kebiasaan memencet jerawat bisa menimbulkan flek hitam pada wajah.

Cara ampuh atasi flek hitam

Flek hitam pada wajah bisa dihadapi dengan cara yang mudah, yaitu dengan:

  1. Gunakan tabir surya setiap hari walaupun cuaca mendung atau hanya beraktivitas di dalam ruangan.
  2. Minum air putih yang banyak setiap hari tidak hanya bagus untuk kesehatan, melainkan baik untuk elastisitas kulit.
  3. Rajin minum teh akan mendapatkan senyawa polifenol yang dapat menghalangi pertumbuhan tumor kulit dengan mengontrol peradangan dan mencegah kerusakan DNA.
  4. Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat, selain dapat mengencangkan kulit, dan ternyata madu dapat menghilangkan flek hitam pada wajah.
  5. Beras yang diolah menjadi masker bermanfaat menghilangkan flek hitam.

Alasan flek hitam susah hilang

Flek hitam yang membandel penanganan bisa lebih lama, dan membuat flek hitam susah hilang. Berikut adalah penyebab flek hitam susah hilang dari wajah:

  1. Sering panas-panasan, hindarilah bekerja di luar lapangan yang langsung terpapar oleh sinar matahari.
  2. Tidak memperhatikan nutrisi termasuk awal mula munculnya flek hitam.
  3. Kesalahan produk kosmetik yang digunakan yang membuat flek hitam akan terus muncul pada wajah.

Related posts: