Daun Sirih Daun Mungil Kaya Manfaat

By | March 11, 2018

Daun sirih bagi kebanyakan orang dianggap sebagai daun yang kurang berguna keberadaannya yang kini mulai jarang ditemukan di daerah perkotaan. Hidupnya yang menjalar membutuhkan lahan yang luas sehingga di daerah perkotaan daun in sulit ditemukan. Kebanyakan daun sirih di daerah perkotaan sudah dalam bentuk ekstrak yang sudah dikemas.

Inilah Berbagai Manfaat Daun Sirih

Di pedesaan daun sirih ini masih banyak dijumpai. Orang-orang di pedesaan menggunakan daun sirih sebagai salah satu obat herbal untuk kesehatan tubuh. Manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh diantaranya:

  1. Obat Mata

Daun sirih yang masih segar yang langsung dipetik dari pohonnya dapat dijadikan sebagai obat mata. Bagaimana caranya?

Pertama, sediakan 3-4 lembar daun sirih, kemudian cuci hingga kotoran yang ada pada daun benar-benar hilang. Kedua, siapkan air panas, ketiga daun yang sudah dicuci direndam dengan air panas. Keempat, tunggu hingga air mendingin dan air rendaman daun sirih berubah menjadi kecokelatan. Langkah terakhir, basuh mata dengan air rendaman daun sirih. Lakukan 3-4 kali secara rutin sakit mata akan berkurang ataupun sembuh.

  1. Obat keputihan

Daun sirih juga memiliki manfaat sebagai obat mujarab untuk keputihan. Daun sirih ini di kalangan perempuan dipercaya sebagai salah satu obat mujarab untuk mengatasi masalah keputihan. Sebagai obat keputihan daun sirih ini diolah dengan berbagai macam bentuk mulai dari bentuk sabut padat dan sabun cair. Daun sirih ini digunakan langsung tanpa melalui olahan yang panjang. Langkah yang sama dengan pengobatan mata, bedanya air rendaman daun sirih digunakan untuk mandi. Mandi menggunakan daun sirih dapat membuat badan menjadi lebih bersih dan terhindar dari keputihan.

  1. Obat batuk

Fungsi lain dari daun sirih yaitu sebagai obat batuk. Pertama siapkan 3-6 lembar daun sirih, kedua, siapkan air panas. Kemudian, rebus daun sirih dengan takaran air 200-400 ml. Lalu, tunggu beberapa menit hingga air menjadi hangat bukan panas. Minumlah rebusan sir sirih sehari 2 kali. Lakukan secara rutin hingga tenggorokan terasa lebih baik.