Contoh Curriculum Vitae Yang Benar

By | May 25, 2018

Contoh cv curriculum vitae yang dibuat secara benar dan menarik akan dijelaskan di bawah ini. Biasanya dalam kegiatan mencari pekerjaan pasti pelamar akan membuat cv sebagai dokumen pelengkap melamar pekerjaan. Bahkan cv ini adalah dokumen yang wajib untuk dibuat dan disertakan ketika melamar pekerjaan. Fungsi dari cv bagi perusahaan adalah dapat mengevaluasi kompetensi ataupun kemampuan pelamar kerja.

Pembuatan Curriculum Vitae Yang Bagus

Selain itu, bagi pelamar kerja cv adalah untuk menuliskan kemampuan-kemampuan dan juga kompetensi yang dimiliki. Sehingga bisa digunakan sebagai pelengkap lamaran kerja dengan harapan bisa diterima di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Nah, pembuatan cv yang menarik akan dilirik oleh pihak perusahaan sehingga Anda akan segera dijadikan karyawannya. Kemudian bagaimana contoh pembuatan cv yang menarik? Ikuti tips pembuatannya di bawah ini.

Contoh cv curriculum vitae yang menarik harus dibuat berdasarkan langkah sebagai berikut :

  1. Data diri

Contoh cv yang baik dan benar itu dengan melengkapi data diri sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tuliskan nama, alamat, nomor telepon dan email yang aktif. Nah, dalam mencantumkan data diri tidak perlu menulis usia atau alamat domisili supaya tidak terlalu banyak. Jika ingin menggunakan foto maka pilih foto yang bagus dan menarik.

  1. Pernyataan tentang personal

Kemudian lengkapi dengan pernyataan personal atau penjelasan singkat tentang diri Anda atau bagaimana Anda. Nah, pada bagian ini Anda harus bisa menuliskan penjelasan singkat supaya bisa menjual diri kepada perusahaan yang dilamar.

  1. Kualifikasi dan pendidikan

Selanjutnya cantumkan riwayat pendidikan dan harus diurutkan sesuai kronologis terbalik. Jadi, yang ditulis terlebih dahulu adalah pendidikan yang paling terakhir dan kemudian dilanjutkan pendidikan sebelum-sebelumnya. Selain itu, Anda bisa menambahkan skill-skill yang dimiliki yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

  1. Pengalaman kerja

Nah, terakhir pengalaman kerja wajib ditulis dan cara penulisannya sama dengan riwayat pendidikan yaitu dari jabatan atau pekerjaan yang terakhir. Tulislah nama perusahaan, lokasinya, jabatan dan tanggung jawab yang diemban selama bekerja di perusahaan atau pekerjaan sebelumnya.

Nah, cukup sekian penjelasan contoh cv curriculum vitae yang tepat supaya dapat dilirik oleh perusahaan besar.