Ciri Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

By | October 18, 2017

kecerdasan emosionalKecerdasan emosional merupakan kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk mengelola emosinya atau perasannya. Manusia dapat mengelola emosi dan perasaannya sendiri maupun kepada orang lain. Kecerdasan secara emosional dapat dilatih secara terus menerus sehingga menjadikan seseorang yang jauh lebih baik dalam menghadapi segala hal. Setiap manusia memang memiliki karakternya masing-masing dan terkadang ada beberapa orang yang memiliki karakter yang berbeda. Selain itu, ada juga orang yang memiliki karakter yang sangat unik sehingga berbeda dari yang lainnya. Setiap orang juga memiliki kecerdasan secara emosional yang berbeda. Nah, apabila Anda ingin mengetahui apa saja ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan secara emosional cukup tinggi berikut penjelasannya.

Mengenali Kecerdasan Emosional

Bagi Anda yang ingin mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional dapat dilihat dari ciri-ciri berikut ini. Ciri-ciri pertama adalah Anda dapat mengenali perasaan sendiri dimana Anda mengetahui apa yang dirasakan saat ini baik itu hal yang negatif maupun positif seperti perasan senang atau kesal. Ciri-ciri kedua adalah dapat membaca orang lain dalam artian Anda dapat memahami perasaan orang lain yang sedang dirasakannya saat ini. Biasanya apabila Anda dapat mendeteksi perasaan orang lain yang sedang terjadi bisa saja Anda memiliki tingkat kecerdasan secara emosional yang cukup tinggi. Ciri-ciri ketiga adalah tidak mudah untuk tersinggung kepada orang lain dan dalam hal ini Anda menjadi pribadi yang menyenangkan.

Ciri-ciri keempat adalah Anda dapat memahami apa saja kekuatan dan kelemahan diri Anda. Anda dapat memahami apa saja kelemahan yang Anda miliki sehingga dapat menutupinya dengan baik. Ciri-ciri kelima adalah menjadi pendengar yang baik bagi orang lain. Hal ini tentu saja menjadi nilai plus bagi Anda yang dapat menjadi pendengar yang baik untuk orang lain. Ciri-ciri keenam adalah tidak segan untuk meminta maaf dan tidak takut mengakui kesalahannya apabila telah melakukan kesalahan kepada orang lain. Anda berani mengakui kesalahan yang telah diperbuat dan meminta maaf. Ciri-ciri ketujuh adalah memiliki pikiran yang selalu positif dan dapat bersyukur setiap hari dalam berbagai keadaan. Apabila Anda memiliki lebih dari 3 ciri tersebut maka tingkat kecerdasan emosional nya cukup tinggi.

Related posts: