Cek Kualitas Paving Block

By | May 27, 2018

Paving block merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk bahan jalan, taman, halaman rumah, ataupun lahan parkir. Tujuan utama dalam penggunaan paving adalah agar tanah tidak lembek saat hujan akan tetapi tetap dapat menyerap air. Sekarang ini Anda dapat menemukan banyak orang yang membuat dan jual paving block. Meskipun ada banyak yang jual paving block, Anda harus cermat alam memilih paving block yang tepat karena jika Anda salah memilih paving block, maka paving block yang Anda beli bisa cepat patah, ditumbuhi lumut, dan tidak tahan terhadap beban berat seperti mobil.

Cara Cek Kualitas Paving Block

Block jika ditinjau dari kualitasnya Paving terbagi menjadi 4 golongan. Golongan pertama merupakan golongan dengan kualitas yang paling tinggi dan digunakan untuk jalan sehingga mampu untuk menahan beban berat seperti mobil, bus, bahkan truk. Golongan kedua adalah golongan yang masih mampu menahan beban berat seperti motor dan mobil. Golongan kedua digunakan di pinggir jalan yang biasa digunakan oleh pejalan kaki. Sedangkan golongan yang terakhir adalah paving block yang digunakan untuk menghias taman. Dari berbagai macam golongan tersebut, Anda harus menemukan paving block yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk mengetahui kualitas paving block yang disajikan oleh jual paving block, maka berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Melakukan tes sederhana untuk menguji paving block

Tes tersebut dapat dilakukan dengan melempar atau menjatuhkan paving block dari ketinggian. Selain itu juga dapat dilakukan dengan membenturkan 2 paving block. Jika dengan cara tersebut saja paving block hancur, maka bisa jadi paving block tersebut merupakan kualitas rendah.

  • Memperhatikan pori-pori paving block

Ini sangat penting untuk memastikan apakah kualitas paving block tersebut baik atau tidak. Paving block dengan kerapatan yang tinggi akan lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, paving block dengan pori-pori yang besar akan sangat mudah ditumbuhi oleh lumut. Ini dapat membuat paving block menjadi mudah hancur karena lumut.

  • Tanyakan dengan kekuatan tekan beton

Beton yang baik adalah beton dengan kekuatan yang tinggi. Anda dapat bertanya kepada jual paving block apakah block tersebut sudah diuji kekuatan tekan atau belum.

Demikian merupakan beberapa cara cek kualitas paving block.