Cara Tepat Menangani Orang Pingsan

By | November 6, 2017

Banyak dari kalian pasti pernah menemukan teman, saudara maupun siapa pun jatuh pingsan. Kondisi seperti ini diakibatkan karena hilangnya kesadaran yang dimiliki oleh seseorang tadi. Bagi sebagian besar orang yang belum pernah menemukan hal seperti ini pastilah bingung dalam hal penanganannya. Walaupun terlihat sederhana namun jika terdapat orang pingsan di sekitar kita dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka akan fatal akibatnya.

Perhatikan Posisi Jatuh Korban Pingsan

Adapun beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menangani orang pingsan secara tepat salah satu langkahnya yaitu usahakan agar korban tidak terbentur. Seseorang yang sedang dalam posisi berdiri dan tiba-tiba pingsan maka besar kemungkinan akan terjadi benturan yang cukup keras terutama di daerah kepala. Maka dari itu usahakan jika ada orang yang kira-kira menunjukkan tanda-tanda akan pingsan, segera tahan badannya. Jika terjadi benturan yang cukup keras pada area kepala maka bisa fatal akibatnya.

Penanganan Tepat Agar Tubuh Kembali Sehat

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek apakah korban masih sadar atau sepenuhnya sudah tidak sadarkan diri. Cara mengeceknya sangatlah mudah yaitu kalian tinggal memanggil namanya dan jika korban merespons maka segera tepuk pundak korban untuk menyadarkannya. Akan tetapi jika korban tidak merespons maka kesadarannya sudah hilang maka dari itu untuk tindakan selanjutnya kalian bisa memanggil bantuan medis. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika orang sedang dalam kondisi pingsan maka dia membutuhkan udara yang segar. Udara tersebut berperan sebagai asupan oksigen bagi korban, jika pada tempat tersebut dirasa panas maka jangan segan untuk mengipasinya. Hal tersebut bertujuan agar terciptanya udara sejuk dan bisa bermanfaat bagi korban tadi.

Kemudian jangan lupa juga periksa denyut nadinya, jika denyutnya masih terasa segera lakukan pertolongan. Pertolongannya yaitu angkat kedua kaki korban tadi kebagian atas, hal ini dilakukan agar sirkulasi darah ke otak menjadi lebih lancar. Dengan begitu diharapkan korban bisa cepat pulih.

Jika korban pulih jangan tergesa-gesa untuk membangunkannya, sebaiknya tunggu beberapa menit sebelum membangunkannya. Usahakan dudukan secara perlahan setelah itu beri minuman manis kepada korban tadi. Jangan pernah membangunkan korban secara tergesa-gesa karena akan mengakibatkan korban mengalami pingsan untuk kedua kalinya.