Cara Menjaga Kesehatan Balita

By | April 14, 2018

Masa balita adalah masa dimana proses tumbuh dan berkembang akan berlangsung dengan cepat. Untuk itu, ibu harus memberikan yang terbaik untuk anaknya di masa-masa tersebut. Jika ibu bisa memberikan yang terbaik, terutama dalam hal kesehatan, maka anak bisa aktif dalam menjalankan berbagai aktivitas. Dengan demikian, seorang ibu harus mengetahui tips-tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan buah hati tercinta.

Bagaimana Cara Mudah Menjaga Kesehatan Balita?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan balita.

  • Pola Makan

Aturlah pola makan anak dengan baik. Karena kebanyakan balita belum bisa makan sendiri, maka seorang ibu harus bisa mengaturnya dengan baik. Dengan demikian anak tetap bisa mendapatkan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Jadwal makan anak sama halnya seperti orang pada umumnya, yakni 3 kali sehari. Untuk menu makanan, usahakan untuk memberikan makanan yang bergizi tinggi dan lengkap akan nutrisi.

  • Aktivitas Anak

Ibu juga harus bisa mengatur aktivitas anak, karena seorang balita masih belum bisa mengatur aktivitasnya. Seorang ibu perlu mengatur jadwal istirahat, belajar, dan bermain anak, sehingga daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Istirahat itu adalah hal yang sangat penting bagi balita, karena di waktu istirahatlah  sel-sel tubuh balita akan mengalami regenerasi, begitu pun dengan perkembangan otak anak. Aktivitas anak juga merupakan hal yang sangat penting diperhatikan, karena melalui aktivitaslah anak bisa mengalami proses tumbuh kembang.

  • Imunisasi Anak

Imunisasi perlu dilakukan kepada balita. Hal ini ditujukan supaya sistem imun tubuh anak menjadi lebih kuat dan tidak mudah untuk terserang penyakit. Dengan demikian, maka lakukanlah imunisasi rutin balita di posyandu setempat. Anda juga bisa langsung mendatangi dokter.

  • Pemberian Susu Yang Tepat

Susu untuk balita harus diperhatikan dengan saksama, karena hal ini akan sangat mempengaruhi kesehatan anak. Biasanya, balita tidak selalu cocok dengan semua jenis susu. Usahakan untuk memilih susu yang memiliki kandungan gula atau glukosa yang rendah. Anda bisa melihat nilai gizi yang terkandung di dalam susu dengan melihat di balik kardus.

Dengan cara-cara demikian, maka anak akan mendapatkan tubuh yang sehat dan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebagai ibu, perlu mengetahui hal-hal di atas, karena ibu adalah yang akan mengatur segala hal terkait balita.