Cara Mengatasi Kepala Pusing

By | May 29, 2017

tips kesehatanPusing atau sakit kepala merupakan sakit yang biasa diderita orang dewasa karena berbagai macam kondisi yang menyebabkannya. Pusing bisa sangat mengganggu aktivitas, dan bisa saja menjadi sebuah ancaman serius jika berkepanjangan. Pusing merupakan berbagai macam perasaan yang terasa di kepala, bisa seperti kepala terasa ringan, kehilangan keseimbangan, atau berputar-putar. Gejala tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Lakukan berbagai tindakan di bawah ini jika kepala terasa pusing.

Berbaring

Dengan berbaring, aliran darah bisa menjadi lancar mengalir ke otak. Berbaringlah selama satu atau dua menit agar otak kembali mendapatkan pasokan darah yang cukup sehingga kepala pusing bisa teratasi.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Biasanya kepala terasa pusing karena kondisi tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Terlebih lagi bagi yang menderita diare, demam, atau muntah-muntah bisa menyebabkan pusing menjadi lebih parah. Karena itu penuhi kebutuhan cairan tubuh. Bagi penderita penyakit jantung atau ginjal, lebih baik konsultasikan ke dokter mengenai kebutuhan cairan bagi tubuh.

Hindari Kafein dan Obat Terlarang

Jika kondisi kepala sedang mengalami pusing, ada baiknya untuk menghindari beberapa zat berbahaya. Salah satunya adalah menghindari makanan atau minuman berkafein, alkohol, rokok, hingga obat-obatan terlarang seperti narkoba.

Istirahat

Pusing bisa juga terjadi saat seseorang terserang virus penyakit. Bisa saja saat kita terkena pilek atau flu, kepala kita terasa sakit. Agar rasa sakit di kepala atau pusing tidak terus terasa, cobalah untuk beristirahat. Terkadang pusing juga disebabkan karena otak atau mata terasa lelah, dan istirahat adalah cara terbaik.

Meminum Obat

Jika memang pusing tersebut tidak kunjung hilang walau sudah melakukan beberapa cara seperti diatas, cobalah untuk mengonsumsi obat khusus penghilang rasa sakit. Meskipun biasanya dijual di toko-toko terdekat, baca aturan pakai. Jika setelah meminum obat rasa pusing tetap terasa, segeralah kunjungi dokter.

Jangan anggap enteng rasa sakit di kepala, terlebih jika dibarengi dengan mual dan muntah. Jika memang sudah parah, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Related posts: