Cara Mengatasi HP Android Yang Bootloop

By | November 7, 2017

thecyclelivingataboo.comDewasa ini dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat dalam bidang ilmu pengetahuan. Hal ini tentu melatar belakangi terciptanya smartphone yang bisa membantu kita untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita. Saat ini sudah banyak sekali produsen ponsel pintar yang menawarkan berbagai macam ponsel dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang canggih. Akan tetapi secanggih-canggihnya sebuah alat tentu selalu ada kemungkinan alat tersebut mengalami error bahkan rusak. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada smartphone khususnya Android adalah bootloop. Bootloop adalah kondisi dimana smartphone Anda gagal proses booting atau start-up sehingga saat proses start up yang hanya logo dari smartphone yang Anda gunakan. Sehingga smartphone Anda tidak bisa masuk ke menu utama.

Cara Mudah Mengatasi Bootloop Dengan PC

Bootloop sendiri sebenarnya hal yang biasa terjadi dan biasanya disebabkan karena ada kerusakan pada system di smartphone Anda atau karena gagal dalam proses update. Untuk mengatasi hal ini tentu bisa kita lakukan sendiri tanpa perlu Anda bawa ke tempat servis dengan catatan Anda mengetahui penyebab dan tingkatan bootloop itu sendiri. Jika smartphone Anda tiba-tiba mengalami bootloop Anda bisa mencoba tangani dengan melakukan hard-reset melalu mode recovery. Untuk hal ini Anda bisa masuk ke mode recovery. Untuk masuk ke mode recovery sendiri setiap smartphone memiliki cara yang berbeda namun biasanya adalah dengan menekan tombol power + volume up secara bersamaan. Bisanya setelah Anda melakukan hard-reset lewat mode recovery bisa menormalkan smartphone Anda kembali selama penyebab bootloop itu sendiri tidak disebabkan karena modifikasi system Android,

Tetapi jika penyebabnya adalah karena modifikasi system, untuk menangani hal ini Anda harus melakukan proses flashing ulang terhadap smartphone Anda. Untuk melakukannya Anda bisa memulai dengan mendownload firmware sesuai dengan smartphone Anda masing-masing dan juga beberapa alat seperti driver smartphone Anda, Perangkat PC, dan juga flashtool. Untuk cara flashing sendiri sebenarnya berbeda-beda tergantung dari produsen smartphone masing-masing tetapi untuk garis besarnya sama terkait perangkat dan alat yang Anda gunakan. Untuk lebih memastikannya Anda bisa mencari cara flashing di forum-forum sesuai dengan smartphone Anda atau bisa juga mengunjungi situs thecyclelivingataboo.com.

Related posts: