Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Balita

By | June 2, 2017

tips kesehatanBiang keringat merupakan satu masalah kulit yang sering dialami oleh balita. Biang keringat ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah kasar di bagian kuit seperti wajah, leher, dan dada. Jika dibiarkan biang keringat ini akan sangat mengganggu hari-hari balita Anda sehingga serit membuatnya rewel. Biang keringat umumnya terjadi saat udara panas sehingga produksi keringat berlebih. Bagaimana cara mengatasi biang keringat pada balita? Sebetulnya banyak cara untuk meredam biang keringat ini menggunakan bahan alami maupun  pengobatan kimia. Kulit balita umumnya sangat sensitif terhadap perubahan luar maka dari ini sebelum menggunakan bahan kimia mari kita coba menggunakan bahan-bahan alami dulu ya bunda.

Beberapa bahan alami untuk meredakan biang keringat pada balita diantaranya adalah:

  1. Minyak jarak, salah satu minyak esensial ini mampu meringankan biang keringat. Minyak jarak dipercaya memiliki banyak manfaat untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit. Cara penggunaannya yakni oleskan beberapa tetes minyak jarak ke area kulit anak sembari di pijit-pijit ringan.
  2. Bedak dingin, pada bayi biasanya untuk meredam rasa panas dan gatal dapat antisipasi menggunakan bedak dingin. Bedak dingin ini biasanya berbentuk padat sehingga harus dilarutkan dahulu menggunakan air. Setelah larut langkah berikutnya adalah mengusapkannya secara rata ke area permukaan kulit anak. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi rasa gatal dan panas.
  3. Menggunakan daun krokot, tanaman yang biasa tumbuh di sekitar rumah ini ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi biang keringat. Cara penggunaannya yaitu dengan cara merebusnya ke dalam 2 gelas air kemudian didihkan hingga tersisa satu gelas saja. setelah dingin dapat Anda berikan kepada anak Anda untuk meminumnya.
  4. Minyak telon, minyak telon ini pasti biasa yang sering ada untuk kebutuhan balita, caranya sangat mudah cukup dengan mengolesi minyak telon ke bagian tubuh yang berkeringat secara merata.

Itulah  4 cara aman untuk atasi biang keringat pada balita Anda. Untuk tindakan pencegahan  Anda bisa melakukan beberapa cara diantaranya hindari pakaian yang terlalu tebal dan ketat pada anak saat musim panas dan pilihlah pakaian untuk anak yang mudah menyerap keringat. Semoga bermanfaat.

Related posts: