Cara Membuat Surat Lamaran Yang Menarik

By | January 31, 2018

Ketika Anda sudah lulus dari bangku perkuliahan pasti akan dipusingkan dengan lapangan pekerjaan. Pasalnya sekarang untuk dapatkan sebuah kerjaan memang cukup sulit. Namun Anda bisa mengusahakannya dengan meniru beberapa contoh surat lamaran yang sekarang sudah terdapat banyak sekali di internet. Surat lamaran tentu menjadi point yang cukup penting dalam menentukan, apakah nantinya Anda dapat diterima kerja atau tidak. Di dalam surat tersebut Anda harus mempromosikan diri sendiri dengan benar, tanpa harus mengada-ada. Dengan begitu Anda pun akan memperoleh nilai plus dari pihak perusahaan. Dalam menulis surat lamaran harus dilakukan dengan baik agar kemungkinan diterimanya lebih besar. Pasalnya dari surat lamaran tersebut akan terjadi persaingan yang cukup ketat.

Tips Pembuatan Contoh Surat Lamaran

Tidak jarang orang yang merasakan bingung ketika harus membuat surat lamaran, terutama bagi yang baru pertama kali membuatnya. Untuk itu melihat contoh surat lamaran tentu jadi hal penting agar Anda bisa membuat yang paling baik nantinya. Di sini terdapat tips membuatnya yang bisa Anda ikuti.

  • Anda harus membaca apa saja persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal tersebut harus Anda perhatikan agar pekerjaan Anda tidak sampai keluar dari konteks.
  • Gunakan kata-kata yang dapat dengan mudah untuk dipahami, jelas, padat, menarik dan juga sopan.
  • Dalam membuat surat, tujuan harus diperhatikan. Jangan sampai tujuan yang Anda sulit dalam surat lamaran itu tidak jelas. Kemudian nama yang dituju juga harus dipastikan ejaannya benar, nama jabatan atau gelar pun tidak boleh sampai salah dalam mengetik.
  • Jika Anda sudah selesai membuat surat lamaran maka bacalah berkali-kali agar bisa dipastikan tidak ada yang salah ketik, bahasa yang digunakan sudah tepat dan tidak terlalu banyak pengulangan kata.
  • Apabila surat lamarannya ditulis tangan maka Anda harus memastikan kertasnya bersih, tidak berlipat dan tak ada bekas penghapus serta tipe-ex.
  • Jika surat lamarannya ditulis tangan maka pastikan tulisannya dapat dibaca dengan mudah. Untuk contoh surat tulis tangan pun bisa Anda dapatkan di sejumlah website di internet.