Cara Membuat Batik Oleh Produsen Batik Solo

By | May 18, 2018

Banyak sekali motif pada batik, banyaknya motif yang ada batik tentunya didukung oleh beberapa cara yang digunakan dalam membuat batik. Banyak cara yang biasa digunakan untuk membuat baik, mulai dari cara yang tradisional sampai dengan cara yang modern, dari cara yang sangat mudah sampai dengan cara yang cukup sulit dan ribet. Adapun cara yang digunakan untuk produsen batik Solo dalam memproduksi batik juga sangat bermacam-macam. Berikut penjelasan secara detailnya.

Membuat Batik Oleh Produsen Batik Solo Dengan Cara Sapuan

Cara sapuan merupakan salah satu teknik membuat batik, yang mana disini pembuatannya tidak menggunakan canting tapi dengan menggunakan kuas yang digoreskan pada kain yang diberi pewarna. Motif yang dihasilkan dari cara ini adalah motif yang abstrak dan jua lebih dinamis, nilai keindahan yang terbentuk dari cara ini yaitu dilihat dari cara menoreskan malam, pewarnaan serta komposisi objek dan warna yang sesuai. Cara ini biasanya digunakan untuk membuat batik oleh produsen batik solo. Secara rincinya proses pembuatan dengan cara sapuan adalah sebagai berikut:

  1. Kain terlebih dahulu dilukis sesuai dengan keinginan dengan menggunakan alat bantu, lalu diratakan dengan menggunakan alat bantu berupa kuas.
  2. Kain dicelupkan ke dalam warna dasar, bisa disesuaikan dengan selera, bisa menggunakan warna yang terang bisa juga menggunakan warna yang gelap.
  3. Lalu warna dasar dari kain yang sudah terbentuk bisa ditutupi dengan menggambarkan motif dengan menggunakan malam sesuai dengan selera.
  4. Kain yang sepertinya memiliki warna yang masih putih bisa dicelupkan pada pewarna, warna yang kedua harus dibedakan dengan warna yang sebelumnya akan tetapi harus tetap memperhatikan antara warna yang pertama dengan warna yang kedua. Lalu dilorod untuk dapat menghasilkan malam ataupun lilin.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara produsen batik solo memproduksi batiknya dengan menggunakan metode sapuan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya baik yang memang memiliki rasa ingin tahu terhadap proses ataupun cara yang bisa dilakukan untuk membuat batik yang bagus dan berkualitas, selamat mencoba dan semoga berhasil !