Bisnis Bitcoin, Bisnis Masa Depan

By | February 7, 2018

Sama halnya dengan emas yang menggantikan barter sebagai transaksi yang lebih mudah, bitcoin juga diprediksi akan menggantikan mata uang konvensional dengan alasan kemudahan. Pernyataan tersebut muncul karena kurs bitcoin rupiah cenderung memiliki tren yang naik. Tidak hanya di negara Indonesia, hal ini juga terjadi di beberapa negara lainnya seperti Argentina dan Venezuela.

Berbeda dengan mata uang digital lainnya, bitcoin setiap tahunnya mengalami peningkatan pengguna. Sehingga ketika mata uang digital lainnya diprediksi akan hilang beberapa tahun mendatang. Prediksi tersebut tidak berlaku untuk mata uang digital bitcoin seperti dilansir James Altucher seorang investor teknologi. Hal ini bisa dijadikan alasan untuk memulai bisnis bitcoin, karena lebih aman dan juga diprediksi bisa menggantikan mata uang konvensional.

Mata Uang Digital

Konsep mata uang digital ala bitcoin juga akan segera diadopsi oleh beberapa negara seperti negara Tiongkok dan Amerika Serikat. Sistem kriptografi yang dimiliki oleh mata uang digital dianggap mampu mengatasi permasalahan yang dimiliki oleh uang konvensional, yaitu masalah pemalsuan uang. Dengan sistem kriptografi maka mata uang digital tidak bisa untuk dipalsukan. Hal ini yang kemudian menjadi alasan beberapa negara terutama negara-negara raksasa ekonomi mulai berpikir untuk beralih menggunakan mata uang digital. Selain alasan keamanan alasan lain seperti efisiensi dan murah menjadi pertimbangan lain sebagian negara akan mulai menggunakan mata uang digital.

Di negara Indonesia sendiri meskipun isu penggunaan mata uang digital secara resmi belum pernah terdengar, bukan berarti masyarakat Indonesia tidak bisa mulai membuka bisnis pada mata uang digital. Kurs bitcoin rupiah yang cenderung naik menjadi alasan utama untuk mulai menggunakan mata uang digital.

Bisnis bitcoin di Indonesia sejak diperkenalkan di Indonesia trennya selalu mengalami kenaikan. Dengan mulai menggunakan bitcoin sebagai mata uang digital berarti kita sedang bersiap untuk memasuki era baru model transaksi non tunai. Ditambah dengan keuntungan lainnya seperti kurs bitcoin rupiah menjadi referensi baru, bahwa bisnis bitcoin merupakan bisnis masa depan yang harus mulai kita tekuni.