Benih Ikan Nila Yang Berkualitas

By | September 13, 2017

cipanasfarmIkan merupakan salah satu sumber nutrisi bagi tubuh. Ikan mengandung omega 3 yang sangat penting bagi pertumbuhan otak. Di Indonesia, ada banyak sekali olahan yang berasal dari ikan, baik ikan air tawar ataupun ikan air laut. Ikan air tawar menjadi ikan yang banyak digemari karena harganya yang jauh lebih murah dan mudah untuk diperoleh. Tidak sedikit juga yang khawatir mengonsumsi ikan air laut karena kondisi laut sekarang yang sudah tercemar berbagai macam bahan berbahaya. Tetapi bukan berarti ikan air laut tidak bergizi. Ikan air laut mengandung banyak nutrisi, bahkan kandungan omega 3nya lebih besar dibanding ikan air tawar. Banyak orang yang muai melakukan budidaya ikan air tawar karena mengingat besarnya potensi bisnis dalam bidang yang satu ini. Salah satu jenis ikan yang banyak diminati adalah ikan nila. Banyak orang yang mencari tips perikanan mengenai budidaya ikan nila.

Ciri-Ciri Benih Ikan Nila Yang Berkualitas

Ketika Anda akan memulai sebuah usaha budidaya ikan nila, tentu pemilihan bibit atau benih ikan menjadi salah satu tips perikanan yang sangat wajib untuk Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan benih ikan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan hidup ikan nila yang Anda budidaya. Ada beberapa ciri-ciri benih atau bibit ikan nila yang berkualitas. Ciri-ciri yang pertama adalah memiliki ukuran tubuh sekitar 7 sampai 9 cm atau ikan nila yang berusia sekitar 85 hari. Ketika Anda memilih benih ikan nila, pastikan Anda memilih benih yang memiliki ukuran sama satu dengan lainnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jika berbeda ukuran, maka proses tumbuh besar ikan tersebut akan berbeda. Selain itu, ikan yang cenderung memiliki ukuran yang lebih besar akan menindas ikan yang ukurannya lebih kecil.

Ciri-ciri yang kedua adalah memiliki gerakan yang lincah. Ikan yang sehat dan berkualitas tentu akan memiliki gerakan yang aktif. Anda dapat melihat keaktifan gerakan ikan tersebut secara langsung. Ciri-ciri yang ketiga adalah memiliki tubuh yang sempurna (tidak cacat). Ikan nila yang memiliki kondisi tubuh yang cacat tentu akan terhambat pertumbuhannya. Usahakan Anda mencari benih ikan yang tidak memiliki luka pada tubuhnya. Ciri-ciri yang keempat adalah memilih benih ikan yang tidak dalam kondisi terkena parasit ikan. Ikan yang membawa penyakit akan menyebarkan penyakitnya kepada ikan lainnya sehingga dapat menyebabkan bayak ikan yang mati. Demikian beberapa ciri-ciri benih ikan nila yang berkualitas. Jika Anda ingin melihat tips budidaya ikan nila, maka Anda dapat mengunjungi cipanasfarm.com.

Related posts: