Bahaya Begadang Dan Mengatasinya

By | June 13, 2017

tips kesehatanBegadang merupakan keadaan terjaga hingga tengah malam yang biasanya dijadikan sebagai rutinitas oleh sebagian besar kaum laki-laki. Tidak sedikit dari perempuan pun biasanya senang dalam melakukan begadang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu. Secara umum, normalnya manusia harus tidur selama 8 jam dalam sehari akan tetapi dengan adanya aktivitas begadang ini maka cenderung setiap individu manusia akan memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam dalam sehari yang mana hal tersebut tentu akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuhnya. Padahal, beristirahat merupakan hal yang sangat penting dimana berguna dalam mengistirahatkan bukan hanya tubuh saja melainkan otak dan pikiran dari rutinitas yang kerap kali dilakukan. Tidur pun memiliki manfaat dalam mengembalikan energi tubuh yang hilang dan dapat menyegarkan tubuh untuk dapat beraktivitas secara normal kembali.

Kebiasaan begadang yang dilakukan oleh sebagian besar orang ini tentu memiliki dampak negatif dalam kehidupannya. Berikut beberapa jenis bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan begadang yang dilakukan oleh setiap orang adalah membentuk lingkar hitam pada mata yang dapat menurunkan penampilan dan membuat wajah Anda menjadi pucat, sering mengalami rasa pusing dan sulit untuk berkonsentrasi, daya tahan tubuh mudah menurun, pola makan yang tidak teratur, mudah mengantuk dan dapat berdampak pada pikiran seperti mudah depresi dan frustrasi, mudah marah, tidak dapat mengontrol emosi, gelisah. Begadang pun dapat memicu penyakit hipertensi, jantung koroner, resiko stroke, diabetes dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Biasanya seseorang memiliki alasan tertentu dalam melakukan begadang seperti kerja lembur, mendapatkan shift malam pada pekerjaannya, makan dalam jumlah yang banyak, insomnia hingga keasyikan dalam bermain dan menikmati malam. Akan tetapi dari semua alasan tersebut tidak semestinya digunakan untuk Anda dalam mengutamakan pentingnya beristirahat. Untuk mengurangi resiko begadang yang memiliki dampak berbahaya untuk kesehatan manusia adalah memperbanyak konsumsi air, mengurangi makanan tidak sehat, mengonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan, melakukan olahraga pada sore hari dan mandi menggunakan air hangat di pagi hari.

Related posts: