Bahan-Bahan yang Sering Dijadikan Menu MPASI

By | February 10, 2018

Bagi Anda yang tengah memiliki anak usia di bawah dua tahun, pasti Anda tengah bingung mencari makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi anak Anda. Seorang anak akan memperoleh banyak asupan gizi dari ASI, namun diperlukan makanan pendamping untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Untungnya, ada banyak kumpulan resep MPASI yang sesuai bagi Anda. Jika Anda menginginkan menu MPASI yang mudah, tentunya Anda pun harus memahami beberapa bahan yang bisa diolah menjadi makanan sehat untuk anak.

Mengenal Bahan Populer untuk MPASI Anak

Bahan-bahan populer untuk MPASI anak tentunya sudah banyak dikenal oleh orang tua. Olahan makanan dari sayur-mayur dan makanan padat lainnya akan membuat anak Anda semakin doyan dengan makanan-makanan tersebut. Tapi, apa saja sih makanan yang cocok diberikan kepada anak?

  1. Sayuran merupakan pilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Dalam hal ini, kumpulan resep MPASI biasanya dilengkapi dengan sayuran untuk menunjang kesehatan anak. Beberapa sayur yang biasa diberikan untuk anak adalah wortel dan kentang. Keduanya bisa dimasak dengan cara dikukus atau dibuat menjadi campuran hidangan yang lezat.
  2. Anda juga bisa menghidangkan MPASI dengan memberikan ikan kukus. Tak melulu harus salmon, beberapa ikan laut bisa dijadikan hidangan bagi anak Anda. Namun, perhatikan makanan yang Anda berikan karena ikan laut yang berukuran besar bisa jadi mengandung zat berbahaya bagi anak. Jadi, pilihlah makanan yang sesuai dengan pertumbuhan anak Anda, ya!
  3. Bagi Anda yang ingin memberikan asupan protein, maka telur adalah pilihan terbaik. Telur menjadi pilihan makanan yang lezat dan kaya akan protein bagi si kecil. Ada banyak olahan telur yang bisa Anda berikan pada buah hati. Mencampurnya menjadi beberapa jenis makanan pun akan meningkatkan nafsu makan anak, lho!

Nah, itu tadi beberapa makanan yang kerap dijadikan bahan oleh orang tua untuk menu MPASI. Tidak sulit, lho membuat MPASI yang sehat dengan kandungan gizi seimbang. Namun, Anda tetap harus memperhatikan pilihan komposisi kumpulan resep MPASI tersebut, ya!