Bagaimana Cara Praktis Mencegah Obesitas?

By | March 10, 2018

Obesitas saat ini menjadi masalah kesehatan yang cukup sulit untuk disembuhkan, pasalnya obesitas sebenarnya bukan penyakit namun dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan gangguan pada organ tubuh yang lainnya. Obesitas merupakan istilah untuk menunjukkan kelebihan berat badan pada hewan maupun manusia. Bagaimana obesitas bisa terjadi? Obesitas terjadi akibat pola makan yang salah, konsumsi karbohidrat dan makanan berlemak secara berlebihan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

Saking banyaknya konsumsi makanan mengakibatkan organ pencernaan tidak bisa mencerna  dengan baik sehingga lemak, karbohidrat, ptotein, dan zat lainnya tidak bisa diserap secara maksimal oleh tubuh. Konsumsi gula yang cukup banyak juga bisa menjadi penyebab obesitas. Tahukah anda bahwa kebutuhan gula dalam darah memiliki batas maksimum, mayoritas makanan yang kita konsumsi saat ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi misalnya nasi, biskuit, minuman bersoda dan aneka snack yang manis. Konsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah besar dan sering sudah melewati batas maksimal.

Berikut Langkah-Langkah Mencegah Obesitas

Obesitas adalah pusat penyakit yang harus dihindari, cara yang tepat untuk mencegah agar anda tidak terkena obesitas yaitu; 1. Olahraga teratur minimal sekali dalam seminggu, olahraga tidak harus yang berat-berat. Berjalan mengelilingi kompleks rumah anda setiap pagi bisa mengurangi beberapa persen lemak di tubuh anda, selain itu olahraga ringan yang bisa anda lakukan bagi anda yang sibuk bekerja yaitu dengan melakukan ‘gerak aktif’ setiap hari. Jadi, pastikan ketika bekerja tidak selalu duduk, gerakkan kaki dan tangan anda untuk meregangkan otot-otot. Apabila di tempat anda menggunakan lift dan tangga untuk mencapai ruangan yang tempatnya lebih tinggi, pastikan anda memilih menaiki tangga saja. Menaiki dan menuruni tangga sama saja dengan berjalan di treadmill, ini bisa menjadi salah satu langkah kecil untuk mencegah obesitas. 3. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar gula berlebihan seperti biskuit dan minuman bersoda. 4. Makan tiga kali sehari tepat waktu juga dianjurkan bagi anda yang tidak ingin terkena obesitas.