Anda Mengutamakan Kepuasan Pelanggan? Pelajari Perilaku Konsumen

By | May 23, 2018

Kepuasan pelanggan terletak pada kesesuaian produk yang dihasilkan dengan harapan pelanggan terhadap suatu produk. Produk yang dihasilkan oleh seorang produsen haruslah dapat memenuhi kebutuhan maupun keinginan dari pelanggan agar dapat terjaga keberlangsungannya. Adapun perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk (1994) adalah perilaku konsumen dalam mencari, membeli, dan menggunakan suatu produk.

Mengapa Perlu Mempelajari Perilaku Konsumen?

Perilaku konsumen menjadi salah satu faktor yang menentukan tingkat penjualan di lingkungan usahawan. Apabila kita dapat memanfaatkan perilaku konsumen tersebut sebagai peluang untuk menghasilkan barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen maka peluang usaha akan sukses semakin besar. Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus mempelajari perilaku konsumen:

  • Konsumen sebagai pusat perhatian produsen

Dalam dunia usaha, konsumen menjadi perhatian para produsen untuk menciptakan produk yang diinginkan oleh konsumen. Dengan memperhatikan konsumen, maka produsen dalam hal ini adalah para usahawan akan mampu memberikan produk yang sesuai dengan minat konsumen.

  • Lebih banyak produk yang ditawarkan daripada permintaan konsumen

Pasar menawarkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Baik mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Adapun produsen yang menghasilkan barang serupa tidaklah sedikit. Ada banyak produsen dengan produk yang sama, oleh karena itu penting untuk memperhatikan tren permintaan konsumen agak dapat mengefektifkan produksi. Seorang usahawan yang cerdas akan mampu memilah segmentasi pasar serta melakukan suatu inovasi guna meningkatkan nilai produk di mata masyarakat.

  • Dapat dijadikan peluang usaha

Dengan mengetahui perilaku konsumen maka seorang usahawan dapat memprediksi perkembangan tren permintaan di masyarakat. Tren permintaan tersebut dapat dijadikan acuan untuk memproduksi suatu barang atau jasa yang banyak diminati oleh pelanggan. Pemanfaatan peluang usaha tentu dapat menjadikan pengembangan ke arah yang signifikan bagi para usahawan.

Demikianlah alasan mengapa seorang wirausahawan harus memperhatikan perilaku konsumen dalam memproduksi barang atau jasa. Dengan memperhatikan perilaku konsumen tersebut maka dapat menyusun strategi produksi, penjualan, pemasaran, dan pendistribusian yang efektif guna mencapai kepuasan pelanggan. Selamat mencoba.