Alat Musik Tradisional Daerah Betawi

By | May 23, 2018

Bagi orang-orang yang pandai bermain alat musik, pasti memainkannya dalam waktu yang sering akan terasa menyenangkan. Namun kini keberadaan alat musik tradisional sudah mulai tergeser dengan alat musik tradisional. Padalah alat musik daerah ini sangatlah penting untuk dijaga dan dilestarikan. Dengan demikian, maka mempelajari alat musik daerah sangat perlu untuk dilakukan. Salah satunya adalah Betawi. Etnis Betawi ini banyak ditemukan di Jakarta, dimana Jakarta ini adalah kota yang sangat militant. Namun setidaknya, alat musik daerah Betawi diketahui.

Macam-Macam Kesenian dan Alat Musik Khas Betawi

Berikut ini adalah beberapa alat musik yang berasal dari Betawi yang perlu untuk diketahui.

  • Gambang Kromong

Alat musik ini merupakan perpaduan dua benda, yakni Kromong dan Gambang. Gambang Kromong ini banyak digunakan ketika ada pertunjukan. Banyak orang yang menyebutnya sebagai Tradisi Cina Banteng. Alat musik daerah yang satu ini  juga salah satu wujud dan bukti toleransi antara kaum pribumi dan Tionghoa.

  • Tanjidor

Alat musik tradisional Tanjidor ini merupakan sejenis orkes. Kesenian ini sudah ada dan dipertunjukkan di sekitar abad 19. Namun ternyata kesenian ini tidak hanya ada di Betawi, tetapi juga terdapat di Kalimantan. Alat musik Tanjidor sering digunakan di acara rutin daerah tertentu, misalkan perayaan Cap Gomeh. Kesenian ini pada dasarnya meliputi berbagai alat musik, sekitar mencapai 10 alat musik. Dan yang terpenting dan menjadi perhatian bagi semua orang adalah tidak boleh mengamen dengan alat musik ini.

  • Marawis

Marawis ini adalah alat musik daerah yang dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul. Bentuknya mirip dengan rebana. Letak perbedaannya adalah pada wujudnya, dimana marawis ini berbentuk gempal, sedangkan rebana lebih pipih dan lebar. Marawis ini memiliki unsur yang agamis, karena sering untuk mengiringi syair-syair yang mengandung puji-pujian Tuhan.

  • Keroncong Tugu

Kesenian ini adalah kesenian Betawi yang merupakan gabungan dari budaya Indonesia dan luar, yakni Portugis. Nama Tugu ini pada dasarnya karena alat musik ini dahulu sering sekali digunakan oleh masyarakat Tugu. Kesenian tugu juga memanfaatkan alat musik khas Betawi.

  • Kemong’

Kemong memiliki bentuk menyerupai alat musik tradisional Jawa Tengah yang bernama Kenong dan Bonang. Alat musik kemong ini di larasnya merupakan di luar laras tangga dari suara Sauh. Kemong juga banyak digunakan dalam set gamelan alat musik Jawa dan Sunda. Anda bisa cek di alatmusik.org untuk informasi yang lebih detail.