Agar Tetap Sehat Saat Menstruasi

By | May 25, 2017

tips kesehatanMenstruasi merupakan aktivitas bulanan yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Menstruasi terjadi pada wanita ketika terjadi perubahan fisiologi tubuh yang sangat dipengaruhi oleh aktivitas hormon FSH-Estrogen dan LH-Progesteron. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda satu sama lain, namun yang paling umum adalah terjadi setiap 28 sekali. Biasanya menstruasi dialami oleh wanita selama 3 hingga 7 hari tergantung pada kondisi tubuh saat itu. Saat menstruasi, biasanya wanita akan mengalami hal-hal yang tidak nyaman, seperti rasa nyeri yang berlebihan, mudah emosi, dan malas melakukan aktivitas apapun. Hal tersebut tentu sangat mengganggu pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda harus berusaha menghindari kondisi tersebut saat menstruasi sehingga tubuh tetap fit dan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tips Agar Tetap Sehat Saat Datang Bulan

Berikut ini adalah beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan dan diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari saat sedang mengalami menstruasi :

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, susu, dan makanan yang mengandung protein.
  2. Konsumsi vitamin untuk menjaga stamina tubuh. Selain itu, kandungan vitamin e, vitamin b, zink, dan magnesium juga mampu meregangkan otot pada dinding rahim sehingga mampu mengurangi rasa nyeri haid.
  3. Olahraga ringan secara teratur, seperti lari pagi, senam, yoga, dll.
  4. Bersihkan lingkungan di sekitar daerah kewanitaan dengan rajin mengganti pembalut setiap 2-4 jam sekali sehingga dapat mengurangi kelembaban yang sangat disukai oleh bakteri. Selain itu, bersihkan pula seluruh daerah kewanitaan dengan membilasnya menggunakan air bersih kemudian dikeringkan dengan kain agar tidak basah dan lembab.
  5. Gunakan pula celana dalam yang terbuat dari bahan katun berkualitas sehingga nyaman digunakan dan tidak menyebabkan rasa gerah.

Itulah 5 hal yang wajib Anda lakukan saat sedang mengalami menstruasi. Sangat mudah dilakukan bukan? Selain hal yang wajib dilakukan, ada pula hal-hal yang wajib dihindari saat menstruasi, yaitu melakukan hubungan seksual bagi yang sudah menikah dan melakukan olahraga berat. Jadi, saat sedang menstruasi Anda harus menghindari dua hal tersebut. Jika Anda mengalami rasa nyeri haid yang teramat sangat, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter yang nantinya akan memberikan Anda obat penghilang rasa nyeri haid. Semoga bermanfaat.

Related posts: