7 Langkah Mendirikan PT

By | March 7, 2018

Dalam pendirian PT, mungkin Anda tidak memikirkan beberapa hal kecil berikut ini. Tetapi hal ini penting untuk Anda perhatikan jika ingin mendirikan PT. Contohnya seperti pembuatan nama ataupun proses pembuatan perijinan yang terkesan tidak dipersiapkan. Untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan, mari kita simak uraian tentang 7 langkah dalam mendirikan PT berikut ini.

Langkah yang Harus Anda Ikuti

  1. Pembuatan nama PT, hal ini mungkin terlihat amat biasa dimata Anda. Tetapi ternyata dalam pembuatan namanya, untuk pendirian PT juga memiliki aturan sendiri. Nama PT tidak boleh lebih dari 3 kata, lalu namanya juga tidak boleh merupakan kata serapan asing, dan terakhir nama PT haruslah yang belum dipakai oleh PT lain.
  2. Tempat berdirinya PT, disini maksudnya adalah alamat dari PT yang Anda miliki tersebut. Alamat dari tempat PT Anda dibangun haruslah berupa kabupaten atau kota madya. Kedudukannya pun harus berbadan hukum, jadi contohnya semisal Anda memilih kedudukan sebuah PT berada di daerah Jakarta pusat; maka PT Anda harus didirikan di Jakarta pusat juga. Karena jika Anda membangunnya diluar area Jakarta pusat, PT tersebut dikatakan ilegal atau bisa jadi dikatakan sebagai anakan PT (cabang).
  3. Modal untuk membuat PT, Untuk modal pemerintah pun sudah mengatur batas jumlah minimum yang digunakan untuk membangun sebuah PT. Standar untuk membangun sebuah PT dibutuhkan modal minimal 50 juta rupiah, dan dari 25% modal dasar tersebut harus ditempatkan dan disetorkan.
  4. Struktur Kepengurusan PT, dalam kepengurusannya sebuah PT tidak boleh memiliki dua direktur. Jika ada lebih dari satu direktur, maka yang satunya harus dijadikan sebagai direktur utama. Begitu juga dengan posisi komisaris, tidak boleh ada lebih dari satu komisaris di dalam sebuah PT.
  5. Mengurus domisili kelurahan, jadi tempat dimana PT Anda dibangun harus memiliki izin yang sah dari kelurahan sehingga akan mempermudah Anda dalam mengurus segala berkas yang berhubungan dalam perijinan PT.

Demikianlah beberapa hal kecil yang harus Anda cermati dalam pendirian PT, jika Anda berminat dalam membuat PT jangan lupa untuk mengunjungi link yang tertera disini.