3 Macam Sistem Pengolahan Air Bersih

By | September 22, 2017

Jasa Instalasi Pengolahan Air BersihPengolahan air bersih saat ini menjadi salah satu hal yang banyak masyarakat lakukan karena kebutuhan mereka akan tersedianya air bersih untuk keperluan dalam rumah tangga mereka. Air bersih yang ada di sekitar kita saat ini sudah mulai berkurang jumlahnya. Bahkan bagi anda yang hidup di lingkungan perkotaan, air bersih seakan menjadi barang mahal yang sulit untuk kita dapatkan. Tak jarang banyak yang membeli air bersih khusus untuk keperluan masak dan air minum karena air bersih yang ada tidak layak untuk di konsumsi manusia. Semua itu adalah akibat dari adanya limbah pabrik yang di buang secara sembarangan sehingga mengakibatkan air bersih yang ada pun tercemar.

Beberapa Macam Sistem Pengolahan Air Bersih Yang Ada Di Masyarakat

Di dalam masyarakat di kenal adanya 3 macam sistem pengolahan air bersih. Meski begitu PDAM sebagai BUMN yang bertugas menyediakan air bersih untuk masyarakat pun hanya menggunakan dua macam pengolahan untuk air bersih. Dan selain itu sebenarnya ada juga sistem pengolahan air bersih yang lebih sederhana meski penggunaannya hanyalah untuk keperluan rumah tangga.

Berikut ini adalah beberapa macam sistem pengolahan untuk air bersih yang ada di masyarakat.

  • Pengolahan secara fisika

Pengolahan ini biasanya di lakukan secara mekanis tanpa melibatkan adanya penambahan apapun di dalamnya yaitu dengan cara pengendapan, absorpsi dan filtrasi serta sistem lainnya. Jenis pengolahan ini bahkan kini sudah bisa anda dapatkan alatnya di beberapa toko mesin atau elektronik terdekat di wilayah anda.

  • Pengolahan secara kimia

Untuk sistem pengolahan yang kedua adalah pengolahan secara kimia. Umumnya ini di gunakan dengan menggunakan adanya penambahan bahan kimia seperti klor, tawas dan bahan kimia lainnya untuk meminimalisir adanya logam berat yang terkandung di dalam air. Namun meskipun penggunaannya menambahkan bahan kimia, air yang di hasilkan tetap aman untuk di konsumsi.

  • Pengolahan secara biologi

Dan yang terakhir adalah pengolahan secara biologi. Jenis pengolahan ini melibatkan adanya peran mikroorganisme untuk melakukan pengolahan air bersih.

Related posts: