3 Bahan Makanan MPASI Yang Aman Untuk Bayi

By | March 9, 2018

Jika Anda bingung mengenai bahan apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk MPASI, maka jangan khawatir. Kali ini penulis akan memberi tahu Anda beberapa bahan yang bisa Anda gunakan dalam membuat MPASI. Bahan-bahan ini merupakan cuplikan kumpulan resep MPASI yang banyak beredar di internet.

Kenali bahan yang aman untuk bayi

Bahan-bahan yang digunakan dalam kumpulan resep MPASI memang harus diperhatikan. Sebab, kandungan yang ada dalam bahan masakan mempengaruhi kesehatan bayi. Misalnya saja bahan makanan yang mengandung banyak nitrat tidak baik untuk bayi, sebab bayi akan mengalami kurang darah setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrat.

Selain itu, makanan seperti telur dan seafood tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum bayi genap berusia 1 tahun. Hal ini untuk mengurangi risiko alergi pada bayi. Nah, berikut adalah bahan makanan yang boleh atau dianjurkan untuk dibuat MPASI:

  • Alpukat

Kandungan alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Selain itu teksturnya yang lembut bisa dengan mudah dihancurkan. Untuk membuat MPASI dari bahan ini bisa Anda campur dengan ASIi. Hancurkan alpukat hingga lumat lalu tambahkan asi secukupnya untuk mengencerkan bubur alpukat.

  • Selai kacang

Selai kacang tanpa gula sangat baik untuk bayi. Anda bisa mencampurnya dengan oatmeal khusus bayi. Kandungan vitaminnya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Selain itu, selai kacang bisa mencegah alergi kacang nantinya.

  • Sereal gandum utuh

Sereal gandum utuh lebih kaya manfaat dibanding dengan sereal dari nasi putih. Sereal gandum utuh memiliki nutrisi yang lebih lengkap dan juga rasa yang lebih enak dibandingkan sereal dari nasi putih.

Selain bahan-bahan di atas yang bisa Anda berikan pada bayi, Anda juga bisa memberikan sayuran hijau yang dicampur dengan unsalted butter. Sayuran memiliki manfaat yang banyak bagi pencernaan tubuh karena seratnya.

Untuk tambahan, jangan terlalu sering menghangatkan makanan bayi dengan microwave. Selain tidak baik untuk kesehatan jika makanan berulang kali dihangatkan, makanan pun masih memiliki bagian-bagian yang panas yang berbahaya bagi bayi. Kumpulan resep MPASI lainnya bisa dilihat di website ini.